PENGARUH PENGENDALIAN DIRI, INTEGRITAS DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PROFESIONALISME (Studi Terhadap Petugas Pengamanan Lapas Kelas I Surabaya)

RETRI CITARESTU DIMASANTI, 091324253002 (2016) PENGARUH PENGENDALIAN DIRI, INTEGRITAS DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PROFESIONALISME (Studi Terhadap Petugas Pengamanan Lapas Kelas I Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Reformasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) telah menjadi fokus utama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi banyak lapas di Indonesia diantaranya menyangkut kelebihan jumlah penghuni dibanding kapasitas, maraknya peredaran narkoba, suap, pungutan liar, minimnya fasilitas, transaksi-transaksi terlarang, perlakuan istimewa narapidana dan banyak lainnya. Semua permasalahan itu dapat terjadi sebagai akibat menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di dalam lapas itu sendiri. Salah satu SDM yang paling utama dalam sebuah lapas adalah para Petugas Pengamanan Lapas, karena jumlahnya yang paling banyak diantara posisi jabatan lainnya dalam lapas maka kinerja Petugas Pengamanan akan membawa pengaruh pada baik buruknya citra Lapas. Kinerja berkaitan erat dengan profesionalisme karena profesionalisme terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan etika. Untuk memiliki etika, seseorang memerlukan adanya pengendalian diri dan integritas yang kuat, dan untuk dapat menampilkan profesionalisme dan citra yang baik dari organisasinya, seseorang memerlukan komitmen pada organisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme Petugas Pengamanan Lapas yang dilihat dari pengaruh tiga variabel yaitu Pengendalian Diri, Integritas dan Komitmen Organisasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dan data yang dihasilkan adalah data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah delapan puluh orang Petugas Pengamanan pada Lapas Kelas I Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan empat skala Likert dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari perhitungan data statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan sebesar 50,2%, dari ketiga variabel terhadap profesionalisme. Sedangkan hasil analisis pengaruh parsial menunjukkan bahwa pengendalian diri berpengaruh paling besar terhadap profesionalisme, sedangkan integritas adalah pengaruh terbesar kedua, dan komitmen organisasional tidak berpengaruh secara parsial terhadap profesionalisme.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.14/16 Dim p
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Diri, Integritas, Komitmen Organisasional, Profesionalisme.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
RETRI CITARESTU DIMASANTI, 091324253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPinky Saptandari Endang Pratiwi, Dr., Dra., MA,UNSPECIFIED
ContributorDewi Retno Suminar, Dr., Dra., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 30 Jun 2016 03:17
Last Modified: 23 Aug 2017 18:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39716
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item