PERAN KEPEMIMPINAN KARISMATIK TERHADAP PENGEMBANGAN INOVASI PETANI BAWANG MERAH DI DESA SUMBERKERANG, KECAMATAN GENDING, PROBOLINGGO

ROYYAN MUHAMMAD, 091414253002 (2016) PERAN KEPEMIMPINAN KARISMATIK TERHADAP PENGEMBANGAN INOVASI PETANI BAWANG MERAH DI DESA SUMBERKERANG, KECAMATAN GENDING, PROBOLINGGO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
119. 39731-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
120. 39731-ilovepdf-compressed.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globalisasi dan modernisasi menuntut manusia untuk tetap berkompetisi dengan cara mengembangkan kompetensi serta kemampuan yang mumpuni. Hal ini menuntut setiap bidang usaha untuk selalu berinovasi. Pemimpin berperan aktif dalam membantu setiap bidang usaha untuk mencapai kesuksesan, salah satunya dengan cara penetapan keputusan inovasi. Kepemimpinan karismatik diharapkan dapat menciptakan suatu budaya organisasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan, khususnya dalam hal pengembangan inovasi pada sektor pertanian bawang merah. Pengembangan inovasi ini lebih difokuskan pada pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran kepemimpinan karismatik terhadap pengembangan inovasi di bidang pertanian bawang merah di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi dengan sumber primer yaitu informan. Informan merupakan karyawan yang sudah bekerja kurang lebih 10-15 tahun dengan rentang usia 30-60 tahun yang berjumlah 5 orang. Selain itu, pemimpin karismatik yang berprofesi sebagai petani bawang merah juga menjadi informan dalam penelitian ini. Metode analisa yang digunakan adalah metode analisa deskriptif. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran pemimpin dalam mengembangkan inovasi di bidang pertanian bawang merah, yaitu pemimpin membimbing dan mengajak pengikutnya (buruh tani) untuk mengadopsi inovasi dalam mengatasi serangan hama penyakit. Bentuk inovasi yang digunakan untuk mengatasi serangan hama penyakit diantaranya, yaitu kerudung kasa, lampu perangkap, serta lem tikus. Inovasi tersebut dapat mengurangi penggunaan pestisida dan biaya yang dibutuhkan relatif murah. Saran peneliti bagi pemimpin karismatik dalam penelitian ini adalah agar terus melakukan terobosan-terobosan baru dibidang pertanian bawang merah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.09/16 Muh p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Karismatik, Inovasi, Bawang Merah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
S Agriculture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROYYAN MUHAMMAD, 091414253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Prof. Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorPinky Saptandari, Dr., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 30 Jun 2016 12:51
Last Modified: 26 Jul 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39731
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item