PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (COMMUNITY DEVELOPMENT) DI DEPARTEMEN SR (SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. NEWMONT NUSA TENGGARA

FITRA HASRI ROSANDI, 091324253003 (2016) PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (COMMUNITY DEVELOPMENT) DI DEPARTEMEN SR (SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. NEWMONT NUSA TENGGARA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
121. 39733-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
122. 39733-ilovepdf-compressed.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memberdayakan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi yang tidak mampu untuk melepaskan diri dari keterbelakangan. Dalam berbagai kesempatan, PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) kerap menegaskan, bahwa pihaknya sangat memberikan atensi yang serius terhadap pengelolaan lingkungan dan tanggungjawab sosial kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Departemen SR (Social Responsibility) PTNNT dengan pertimbangan bahwa Departemen SR merupakan departemen yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat, dan menjadi pintu terdepan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi serta keluhan terhadap kebijakan PT.NNT dalam program pengembangan masyarakat PT.NNT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dipilih berdasarkan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan, dan pemilihannya dilakukan secara purposive (sengaja). Yang menjadi Informan adalah manager serta karyawan departemen SR PT.NNT dan masyarakat lingkar tambang yang berjumlah 12 orang. Departemen SR memiliki peran strategis dalam menjalankan program pengembangan masyarakat PT.NNT, namun peran tersebut belum didukung dengan penguasaan pengetahuan dan keterampilan tentang metode pendekatan yang baik, komunikasi, informasi dan edukasi program pengembangan masyarakat itu sendiri. Dengan kata lain, perlu adanya pengembangan kompetensi karyawan departemen SR dari segi keterampilan dan pengetahuan. Hasil penelitian menyatakan bahwa latar belakang pendidikan karyawan yang berbeda dengan jenis pekerjaan, sehingga pengetahuan serta keterampilan karyawan Departement SR (PTNNT) masih harus dilatih lagi, begitu juga dengan pemahaman terhadap Corporate Social Responsibility pada program pengembangan masyarakat yang masih belum sempurna. kompetensi pengetahuan minimal dari karyawan departemen SR PTNNT berkaitan dengan pekerjaan, program-program pengembangan masyarakat PTNNT, kesesuaian program kerja dengan visi misi perusahaan cukup sesuai. Kompetensi keterampilan minimal karyawan SR PTNNT mencakup kemampuan komunikasi, sosialisasi, penyampaian informasi, pendekatan kepada masyarakat serta kemampuan mempengaruhi masyarakat. Pengembangan model kompetensi karyawan departemen SR PTNNT didasarkan pada kamus kompetensi Spencer & Spencer, kemudian mengadaptasi model pengembangan kompetensi dari model organisasi pembelajaran. Model pengembangan kompetensi yang baru ini membantu karyawan Departemen SR PTNNT memahami bagaimana mencapai keberhasilan dalam pekerjaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.11/16 Ros p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat,model kompetensi, perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
FITRA HASRI ROSANDI, 091324253003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuryanto, Prof., Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorM. G. Bagus Ani Putra, Dr., S.Psi., M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 30 Jun 2016 13:21
Last Modified: 26 Jul 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item