TRANSPARANSI BANK SENTRAL DAN MEKANISME TRANSMISI JALUR SUKU BUNGA: STUDI KASUS NEGARA ASIA-PASIFIK

ADILAH AYU ROSYIDAH, 041211133096 (2016) TRANSPARANSI BANK SENTRAL DAN MEKANISME TRANSMISI JALUR SUKU BUNGA: STUDI KASUS NEGARA ASIA-PASIFIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
145. 39756-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan adanya transparansi bank sentral dalam mekanisme transmisi kebijakan moneter melalui jalur suku bunga untuk mempengaruhi sasaran akhir yang berupa kestabilan harga. Hasil dari penelitian ini juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah kebijakan moneter yang menggunakan besaran suku bunga dapat memengaruhi laju inflasi yang terjadi di negara di kawasan Asia-Pasifik, serta untuk melihat apakah mekanisme transmisi kebijakan moneter yang digunakan sesuai dengan teori mekanisme transmisi melalui jalur suku bunga. Data panel dikumpulkan secara tahunan dari mulai tahun 1998-2014 dan diestimasi dengan menggunakan metode analisis PVAR (Panel Vector Auto Regression). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme transmisi kebijakan moneter yang digunakan di negara kawasan Asia-Pasifik terbukti relevan dengan teori mekanisme transmisi melalui jalur suku bunga serta sasaran akhir berupa kestabilan harga juga terbukti dapat tercapai. Hasil tersebut ditunjukkan oleh hasil estimasi dari suku bunga PUAB dan suku bunga pinjaman (lending rate) yang terbukti secara statistik signifikan negatif memengaruhi laju inflasi yang terjadi. Sementara itu, berdasarkan hasil dari impulse response, penelitian ini menemukan bahwa adanya transparansi bank sentral menyebabkan pergerakan laju inflasi yang fluktuatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.127/17 Ros t
Uncontrolled Keywords: transparansi bank sentral, PVAR, mekanisme transmisi kebijakan moneter, jalur suku bunga, suku bunga PUAB, lending rate, laju inflasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1725-1778 Banks and the state. State supervision of banks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ADILAH AYU ROSYIDAH, 041211133096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Wibowo, Dr., SE., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 11 Jul 2016 05:44
Last Modified: 16 Apr 2018 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item