MEKANISME PENCATATAN PIUTANG OLEH ACCOUNT RECEIVABLE DI GARDEN PALACE HOTEL SURABAYA

DITA RATIKA CHOIRIN NISA, 041310613016 (2016) MEKANISME PENCATATAN PIUTANG OLEH ACCOUNT RECEIVABLE DI GARDEN PALACE HOTEL SURABAYA. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
176. 39786.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena dari dampak globalisasi yang mempengaruhi industri jasa berkembang cukup pesat, terlebih dengan hadirnya Pasar Bebas Asia Tenggara akhir tahun 2015 lalu. Pembentukan Pasar Bebas Asia yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya suatu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehinga kompetisi akan semakin ketat. Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional. Surabaya merupakan kota metropolitan kedua setelah Jakarta dan sebagai ibu kota dari Jawa Timur kini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan karena beberapa tempat wisatanya seperti Jembatan Suramadu, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Kenjeran, Tugu Pahlawan, Musium Surabaya, Mangrove Wonorejo dan lain sebagainya. Tak sedikit dari mereka yang berkunjung ke Surabaya untuk berbisnis atau sekedar ingin mengetahui sejarah yang kental dari kota pahlawan ini. Hal ini menyebabkan pembangunan industri perhotelan cukup menggeliat mulai dari hotel sekelas melati, hotel budget, hingga hotel berbintang di berbagai sudut kota Surabaya. Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, pengertian hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan, penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil. Menurut Endar (1996:8), hotel “adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas antara antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya serta jasa pencucian pakaian”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.34/16 Nis m
Uncontrolled Keywords: MEKANISME PENCATATAN PIUTANG; ACCOUNT RECEIVABLE; GARDEN PALACE HOTEL SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DITA RATIKA CHOIRIN NISA, 041310613016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSedianingsih, Dr. ,SE., M.Si., Ak., CA., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:23
Last Modified: 15 Jun 2017 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39786
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item