KUALITAS LAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA DEPARTEMEN FRONT OFFICE DI HOTEL BEST WESTERN PAPILIO SURABAYA

R Rendy Kusuma Anggara, 041310613007 (2016) KUALITAS LAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA DEPARTEMEN FRONT OFFICE DI HOTEL BEST WESTERN PAPILIO SURABAYA. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
178. 39788.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, tepatnya di bidang perhotelan. Perusahaan haruslah memberikan pelayanan yang memuaskan untuk dapat bersaing dengan hotel lainnya. Selain fasilitas yang dimiliki hotel, salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap layanan disebuah hotel adalah kualitas yang dimiliki oleh sumber daya manusia hotel tersebut. Definisi hotel menurut keputusan Mentri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No.94/HK103/MPPT1987 adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi masyaraat umum yang dikelolah secara komersil. Namun seiring berjalanya waktu, hotel tidak hanya digunakan sebagai tempat penginapan saja melainkan digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan berbagai acara lainnya seperti pernikahan, seminar, rapat, acara ulang tahun dan lainnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2013 saja, tingkat hunian kamar hotel bintang lima di kota Surabaya sebesar 51,44%. Di seluruh Jawa Timur tercatat ada sekitar 9000 unit hotel dan 5000 unit diantaranya berada di Surabaya, Malang dan Sidoarjo. Menurut data yang dimiliki Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) pada tahun 2013 jumlah hotel berbintang di kota Surabaya akan mengalami kenaikan hingga 83 unit hotel. Dengan semakin majunya perkembangan bisnis perhotelan di kota Surabaya, maka manajemen harus terus berfikir aktif, kreatif, dan inovatif serta menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai terhadap kebutuhan pangsa pasar agar dapat bersaing dengan hotel-hotel pesaing lainnya. Best Western Papilio Hotel merupakan hotel berbintang empat yang memiliki jaringan internasional yang terdapat di lebih dari 100 negara. Sebagai hotel jaringan internasional, tentunya Best Western Papilio Hotel memiliki standar pelayanan khusus untuk tamu hotel, serta tentunya juga memiliki standar dan spesifikasi dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.36/16 Ang k
Uncontrolled Keywords: KUALITAS LAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA; DEPARTEMEN FRONT OFFICE; HOTEL BEST WESTERN PAPILIO SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsEmail
R Rendy Kusuma Anggara, 041310613007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:33
Last Modified: 15 Jun 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item