ANALISIS PROSES PENGADAAN BARANG DI HOTEL RICH PALACE SURABAYA

Putri Fenny Isliyono, 041310613010 (2016) ANALISIS PROSES PENGADAAN BARANG DI HOTEL RICH PALACE SURABAYA. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
179. 39789.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pariwisata saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekononomi di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Yogjakarta, Surabaya, dsb. Industri pariwisata sendiri tidak terlepas dari industri perhotelan, industri perhotelan merupakan salah satu faktor pendukung berkembangnya industri pariwisata. Industri perhotelan memiliki peran yang penting dalam perkembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya perekonomian di suatu daerah. Tidak heran jika semakin tahun, semakin banyak hotel yang dibangun di beberapa daerah di Indonesia. Menurut UU No.42 tahun 2009 tentang pajak pertahan nilai (PPN) usaha dibidang perhotelan merupakan usaha yang tidak dikenakan PPN, namun bukan berarti ketika menginap dan menikmati layanan di hotel akan terbebas dari pajak. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa setiap yang menggunakan jasa hotel akan dikenakan pajak sebesar 21%, yang terdiri dari pajak pemerintah sebesar 10% dan pajak pelayanan sebesar 11%. Pajak pemerintah sebesar 10% yang dibayarkan saat menginap di hotel merupakan pajak pembangunan (PP1), yang merupakan pajak daerah dan setiap ketentuannya diatur oleh masing-masing daerah. Menurut UU No 28 tahun 2009 pasal 2 (2) tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang menggolongkan pajak hotel termasuk dalam pajak kabupaten/kota.Semakin meningkatnya pendapatan hotel maka, pajak yang akan dibayarkan oleh hotel kepada pemerintah daerah akan semakin tinggi, dan pembayaran pajak hotel akan sangat berkaitan dengan pendapatan negara. Sedangkan pajak pelayanan sebesar 11%, akan dibagikan kepada seluruh staff hotel saat pertengahan bulan atau sekitar tanggal 15 pada setiap bulannya. Besarnya pajak pelayanan yang diterima oleh setiap staff tergantung pada besar kecilnya jumlah pendapatan hotel.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.37/16 Isl a
Uncontrolled Keywords: PROSES PENGADAAN BARANG; HOTEL RICH PALACE SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Putri Fenny Isliyono, 041310613010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:36
Last Modified: 15 Jun 2017 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item