PENGARUH BIAYA PEMASARAN VARIABEL DALAM SETIAP FUNGSI PEMASARAN BERDASARKAN KONSEP VARIABLE COSTING TERHADAP SEGMEN MARGIN PT TRI SAKTI PURWOSARI MAKMUR

NIDYA SANTI MAHARGYANI, 040123970 E (2006) PENGARUH BIAYA PEMASARAN VARIABEL DALAM SETIAP FUNGSI PEMASARAN BERDASARKAN KONSEP VARIABLE COSTING TERHADAP SEGMEN MARGIN PT TRI SAKTI PURWOSARI MAKMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahargyani-3295-a27106.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahargyani-3295-a27106.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi ekonomi yang dihadapi perusahaan saat ini memerlukan kemampuan perusahaan untuk dapat bertahan dan berkembang. Oleh sebab itu, diperlukan informasi yang berkualitas dan relevan untuk mendukung keputusan yang akan diambil. Manajer membutuhkan lebih dari sekedar ikhtisar informasi yang terdapat dalam laporan laba rugi. Dalam laporan laba rugi hanya disusun secara global raja, sehingga pihak manajemen hanya akan mengetahui besarnya profitabilitas dari keseluruhan segmen. Sedangkan informasi yang luas mengenai kondisi setiap segmen, mana segmen yang buruk dan yang perlu diperbaiki, tidak akan dapat diketahui. Analisis profitabilitas pemasaran bermanfaat untuk menginformasikan jenis produk mana yang dapat memberikan kontribusi segmen marjin yang tinggi dan yang rendah terhadap segmen marjin keseluruhan, serta fungsi mana saja yang berkontribusi dalam menghasilkan segmen marjin. Permasalahan dalam perusahaan adalah manajer belum mengetahui kemampuan dari masing-masing fungsi pemasaran dan setiap jenis produk didalam menghasilkan segmen margin. Akibat yang ditimbulkan dari masalah tersebut adalah manajer belum mengetahui fungsi mana yang bertanggung jawab terhadap pengeluaran biaya pemasaran dalam setiap fungsinya. Sehingga dalam rangka follow up, pihak manajeman belum dapat mengambil keputusan dari berbagai alternatif dalam upaya meningkatkan laba perusahaan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam melakukan analisis profitabilitas berdasarkan fungsi pemasaran dan jenis produk, yaitu mengolah data secara kualitatif, menggolongkan data, menguraikan secara deskriptif basil penelitan yang dilakukan yaitu menentukan kontribusi dari masing-masing fungsi pemasaran dan jenis produk untuk mengambil kesimpulan yang bersifat kualitatif yaitu bagaimana kemampuan menghasilkan segmen marjin dari fungsi pemasaran dan bagaimana kemampuan menghasilkan segmen marjin setiap jenis produk berdasarkan deskriptif dari basil penelitian. Jika dilihat dari tahun 2002 sampai 2004, dapat disimpulkan bahwa SKM 12 memberikan kontribusi laba yang paling tinggi. Pencapaian segmen marjin tertinggi untuk SKM 12 di tahun 2004 sebesar Rp 10.784.819.819,-Sedangkan fungsi administrasi pemasaran memberikan kontribusi yang paling besar dibanding fungsi pemasaran lainnya, di tahun 2004 segmen marjinnya sebesar Rp 4.521.439.579,-. Sehingga manajemen dapat menilai fungsi mana dan jenis produk yang mana yang bertanggung jawab atas berapa banyak biaya pemasaran yang ditanggung oleh setiap fungsi dan setiap jenis produk dibandingkan dengan besarnya segmen margin. Tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh manajemen adalah mengusahakan agar jenis produk yang dapat memberikan batas kontribusi besar dapat mencapai potensi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.271/06 Mah p
Uncontrolled Keywords: Variable costing, Segmen margin, Biaya Pemasaran variabel, fungsi pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NIDYA SANTI MAHARGYANI, 040123970 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBASUKI, Drs., M.Com.(Hons)., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 21 Dec 2006 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item