PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI DAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PADA IBU DENGAN BALITA GIZI KURANG DAN GIZI NORMAL

AMELINDA CALIDA RAHMA, 101211132033 (2016) PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI DAN STATUS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PADA IBU DENGAN BALITA GIZI KURANG DAN GIZI NORMAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
194. 39814-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah gizi merupakan masalah yang umum di beberapa negara sedang berkembang termasuk Indonesia terutama masalah kekurangan gizi. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi balita adalah pengetahuan gizi ibu yang dipraktikan dalam pola asuh dan pemberian makan. Selain itu, ketahanan rumah tangga merupakan salah satu faktor tidak langsung mempengaruhi status gizi. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari perbedaan pengetahuan gizi dan status ketahanan pangan rumah tangga pada ibu dengan balita gizi kurang dan gizi normal. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah balita berusia 24-60 bulan yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Sidotopo yang telah dilakukan screening status gizi berdasarkan indeks BB/U. Jumlah sampel penelitian sebesar 19 balita tiap kelompok yang dipilih secara simple random sampling. Pengambilan data menggunakan metode wawancara dengan kuisioner. Uji statistik dengan menggunakan Chi-square, Mann-Whitney dan Independent T-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan gizi ibu (p=0,004) dan status ketahanan pangan rumah tangga (p=0,010) pada balita gizi kurang dan gizi normal dengan nilai α=0,05. Tidak terdapat perbedaan mengenai karakteristik keluarga dan balita pada balita gizi kurang dan gizi normal dengan p>0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat pengetahuan gizi dan status ketahanan pangan rumah tangga pada ibu dengan balita gizi kurang dan gizi normal tetapi tidak ditemukan perbedaan pada karakteristik keluarga dan balita pada kedua kelompok. Oleh karena itu, disarankan dilakukan peningkatan pengetahuan gizi dan ketrampilan ibu melalui pelatihan. Selain itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai faktor higiene dan sanitasi lingkungan tempat tinggal keluarga balita yang dapat mempengaruhi status gizi balita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.131/16 Rah p
Uncontrolled Keywords: status gizi, pengetahuan gizi, ketahanan pangan, gizi kurang
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV697-700.7 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AMELINDA CALIDA RAHMA, 101211132033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Jul 2016 03:55
Last Modified: 15 Jun 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item