EVALUASI DOSIS RADIASI HAMBUR YANG DITERIMA KELENJAR TIROID PASIEN ANAK PADA PEMERIKSAAN DENTAL INTRAORAL DI RSGM FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

FANNY ROSSIANNA HARYEMMY PUTRI, 011310313001 (2016) EVALUASI DOSIS RADIASI HAMBUR YANG DITERIMA KELENJAR TIROID PASIEN ANAK PADA PEMERIKSAAN DENTAL INTRAORAL DI RSGM FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
198. 39819-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu jenis pemeriksaan menggunakan sinar x yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan dental intraoral, dimana pemanfaatannya juga semakin meluas dalam beberapa kategori usia seperti pada pasien anak. Selain memberikan manfaat, sinar x juga dapat memberikan ancaman yang merugikan bagi manusia misalnya efek radiasi pada kelenjar tiroid akibat radiasi hambur. Radiasi hambur adalah sebagian radiasi yang membias/menyimpang dari radiasi sumber dan sebagian radiasi yang berubah karena energy radiasi yang ditransfer yang pada akhirnya radiasi tersebut akan kehilangan energy dan panjang gelombangnya menjadi lebih panjang dari radiasi primer. Desain penelitian pada tugas akhir ini menggunakan penelitian observasional atau pengamatan langsung di lapangan. Dan setelah penulis melakukan penelitian, didapatkan data bahwa dosis radiasi yang diterima kelenjar tiroid pasien anak masih dibawah nilai dosis efektif radiasi yang telah ditentukan oleh ICRP 103 tahun 2007. Jadi dari penelitian yang dilakukan penulis terungkap bahwa dosis radiasi yang dihasilkan berdasarkan penggolongan jarak menampilkan nilai dosis radiasi hambur yang beragam. Hal ini disebabkan karena adanya penggolongan jarak dan ketebalan setiap pasien yang berbeda.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.R.04/16 Put e
Uncontrolled Keywords: Radiasi hambur, efek radiasi, proteksi radiasi, dosis efektif radiasi dan kelenjar tiroid
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Radiologi
Creators:
CreatorsEmail
FANNY ROSSIANNA HARYEMMY PUTRI, 011310313001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnggraini Dwi Sensusiati, Dr., dr. Sp. Rad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Jul 2016 06:15
Last Modified: 15 Jun 2017 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item