EFEKTIFITAS UPAYA PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA KEBISINGAN DI AREA GRINDDING DAN PACKING PT.CHAROEN POKHPAND INDONESIA PLANT KRIAN

DWI RIZKY YUNITA SARI, 101310113041 (2016) EFEKTIFITAS UPAYA PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA KEBISINGAN DI AREA GRINDDING DAN PACKING PT.CHAROEN POKHPAND INDONESIA PLANT KRIAN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.HKK.14-16 Sar e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan di industri merupakan salah satu faktor bahaya yang sering dijumpai pada lingkungan kerja. Kebisingan adalah suara yang tidak dikehendaki yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Upaya pengendalian kebisingan dapat dikatan efektif apabila dapat mencegah gangguan pendengaran dengan mengendalikan intensitas kebisingan maksimal sampai Nilai Ambang Batas (NAB). Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari efektifitas upaya pengendalian kebisingan di area grindding dan packing PT.Charoen Pokhpand Indonesia, Plant Krian. Hal ini meliputi pengendalian teknik, administratif, APD dan bagaimana efektifitasnya.Berdasarkan sifat masalah dan analisis datanya penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif, ditinjau dari segi waktu termasuk penelitian cross-sectional. Objek yang diteliti adalah upaya pengendalian teknik, pengendalian administratif dan APD dengan membandingkan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Data yang dipakai adalah data primer dan observasi, wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Waktu penelitian di mulai pada bulai April sampai Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kebisingan melebihi standar yaitu pada area grindding sebesar 98 dBA dan pada area packing sebesar 88,6 dBA. Upaya pengendalian teknik belum dapat dilakukan, sedangkan untuk pengendalian administratif sudah ada tetapi ada beberapa yang belum sesuai. APD yang disediakan oleh perusahaan yaitu earplug dan earmuff. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa upaya pengendalian kebisingan belum efektif. Disarankan agar pihak perusahaan dapat meninjau ulang pengendalian yang telah dilakukan, Tim HSE melakukan inspeksi penggunaan APT pada setiap pekerja dan perusahan bisa memberikan peredam suara pada area grindding agar paparan pekerja pada saat bekerja tidak melebihi standar yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.14/16 Sar e
Uncontrolled Keywords: efektifitas, kebisingan, pengendalian kebisingan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
DWI RIZKY YUNITA SARI, 101310113041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeirina Ernawati, drh., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 20 Jul 2016 10:09
Last Modified: 20 Jul 2016 10:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39851
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item