PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, KEADILAN KOMPENSASI DAN ETIKA ORGANISASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DALAM PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur)

DHIAN DAMAYANTI, 041211331270 (2016) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, KEADILAN KOMPENSASI DAN ETIKA ORGANISASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DALAM PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
211. 39853-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guna mencegah terjadinya suatu kecurangan, khususnya kecurangan akuntansai dalam pelaporan keuangan di sektor publik, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menelaah terlebih dahulu terkait faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kecurangan tersebut. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk tujuan memperoleh bukti adanya pengaruh positif asimetri informasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, pengaruh negatif keadilan kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi dan pengaruh negatif etika organisasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausal komparatif dengan teknik kuesioner sebagai pengumpulan datanya. Kuesioner diberikan secara langsung kepada 75 pegawai yang bekerja di bagian Keuangan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan metode analisis statistik regresi menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh postitif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi dan keadilan kompensasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, sedangkan penerapan etika di organisasi tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.211/16 Dam p
Uncontrolled Keywords: kecenderungan kecurangan akuntamsi, asimetri informasi, keadilan kompensasi, etika organisasi, sektor pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DHIAN DAMAYANTI, 041211331270UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, SE, M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:16
Last Modified: 15 Jun 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item