ANALISIS PEMBIAYAAN BAGI HASIL DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Syariah)

Muhammad Habibi Astono, 040914066 (2016) ANALISIS PEMBIAYAAN BAGI HASIL DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Syariah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
7 Abstrak.pdf

Download (949kB)
[img] Text (FULLTEXT)
217. 39859.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses analisis pembiayaan bagi hasil di bank syariah (studi kasus Bank BTN Syariah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari teori 5C, Bank BTN Syariah menggunakan teori 4C (Character, Capacity, Capital, Collateral) atau yang disebut dengan 4 pilar. Condition of Economy dipakai ketika hal diluar kewajaran terjadi. Sedangkan untuk teori 6A (Analisis Aspek Hukum, Analisis Aspek Pemasaran, Analisis Aspek Teknis, Analisis Aspek Manajemen, Analisis Aspek Keuangan, Analisis Aspek Sosial-Ekonomi) pihak Bank BTN Syariah menggunakan keseluruhan teori tersebut. Ini dirasa cukup untuk menggali informasi calon nasabah Bank BTN Syariah. Strategi mitigasi risiko pembiayaan mudharabah dan musyarakah di Bank BTN Syariah terbagi dalam dua macam yakni strategi risiko proaktif dan strategi risiko reaktif. Strategi risiko proaktif dilakukan dengan analisis karakter, kemampuan keuangan dan jaminan calon debitur. Strategi risiko reaktif dilakukan dengan pendekatan silaturahim, tindakan rescheduling dan restructuring, serta penarikan jaminan. Penelitian ini menyarankan bahwa perlunya penerapan keseluruhan 5C dalam menganalisa calon nasabah, karena kondisi ekonomi dan kebijakan pemerintah bisa berubah-ubah dari waktu kewaktu serta dapat meminimalisir kemungkinan risiko yang timbul yang akan berdampak pada usaha calon nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.85/16 Ast a
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Risiko, Mudharabah, Musyarakah, 5C, 6A.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Habibi Astono, 040914066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Fitrisia Septiarini, S.E, M.M., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:58
Last Modified: 15 Jun 2017 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item