PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA YANG BERSTATUS PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU YANG TELAH MELEBIHI JANGKA WAKTU

ARYO ARVIANTO, 031111153 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA YANG BERSTATUS PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU YANG TELAH MELEBIHI JANGKA WAKTU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
06 ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FH.156-16 Arv p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengkaji keabsahan perjanjian kerja waktu tertentu yang telah melebihi jangka waktu 5 tahun serta perlindungan hukum bagi pekerja/buruh PKWT yang sudah bekerja lebih dari 5 tahun. Skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keabsahan perjanjian kerja waktu tertentu yang telah melebihi jangka waktu 5 tahun, maka kontrak tersebut tidak sah, dikarenakan pada UU Ketenagakerjaan diatur bahwasannya PKWT berlaku 2 tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali paling lama 1 (satu) tahun dan dapat diperbaharui 1 (satu) kali untuk paling lama 2 (dua) tahun. Dengan perjanjian kerja yang melanggar ketentuan didalam UU Ketenagakerjaan, maka akibatnya kontrak tersebut tidak sah dan pekerja/buruh secara otomatis menjadi PKWTT. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi pekerja/buruh PKWT yang sudah bekerja lebih dari 5 tahun ada 2 yaitu perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif. perlindungan hukum preventifnya adalah dengan adanya pengawasan dari dinas terkait terhadap kontrak PKWT antara pengusaha deng pekerja/buruh berkaitan dengan jangka waktu kontrak tersebut. Sedangkan untuk perlindungan hukum represifnya adalah dengan adanya mekanisme upaya hukum melalui jalur litigasi dan non-litigasi. Upaya hukum melalui jalur litigasi ialah dengan mengajukan gugatan pada Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri, sedangkan untuk upaya hukum melalui jalur non-litigasi adalah melalui badan bipartit dan tripartit sebagaimana telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.156/16 Arv p
Uncontrolled Keywords: PKWT, Jangka Waktu, Ketenagakerjaan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1701-1841 Labor law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARYO ARVIANTO, 031111153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLanny Ramli, Dr., SH., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 21 Jul 2016 04:15
Last Modified: 21 Jul 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item