EVALUASI ATAS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN LIMBAH HOTEL DAN PRIORITAS UNTUK MENCAPAI KONSEP GREEN HOTEL PADA HOTEL IBIS SURABAYA CITY CENTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

GUSTI LAILA FITRIA, 041211231012 (2016) EVALUASI ATAS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN LIMBAH HOTEL DAN PRIORITAS UNTUK MENCAPAI KONSEP GREEN HOTEL PADA HOTEL IBIS SURABAYA CITY CENTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
224. 39872-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
225. 39872-ilovepdf-compressed.pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan industri pariwisata yang semakin pesat, para pelaku bisnis diharapkan semakin sadar akan dampak negatif yang dihasilkan oleh industri pariwisata terhadap lingkungan. Karena industri ini, memproduksi sejumlah besar barang yang tidak tahan lama, air limbah, dan energi serta emisi karbon. Maka dari itu, konsep green dan sustainability harus diterapkan dalam industri pariwisata. Salah satu hotel di Surabaya yang mendukung dan memiliki komitmen tinggi sebagai perusahaan yang menjalankan prinsip Green Hotel secara berkelanjutan adalah Hotel Ibis Surabaya City Center. Hotel Ibis Surabaya City Center merupakan salah satu perusahaan jasa perhotelan yang masuk dalam umbrella brand dari Accor Hotels, Accor Hotels memiliki sebuah program untuk mendukung sustainable development disebut dengan Planet 21. Berdasarkan isu global saat ini yakni pemanasan global dan program dari Accor Hotels, maka pihak hotel mengimplementasikan pengelolaan limbah hotel secara green. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini juga menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Expert Choice 2000 untuk mendapatkan nilai bobot atas tiap kriteria dan subkriteria serta menentukan prioritas dalam pengimplementasian konsep green hotel dalam pengelolaan limbah yang dimana kriteria dan subkriteria didapat berdasarkan indikator dari artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan konsep green hotel dalam pengelolaan limbah serta berdasarkan indikator Green Hotel Award oleh Kementerian Pariwisata diantaranya untuk kriteria ada recycling dan reuse, manajemen pengurangan limbah, dan manajemen pengolahan limbah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil pembobotan menggunakan AHP maka diperoleh kriteria dengan bobot tertinggi adalah recycling dan reuse sebesar 0,432, dilanjutkan dengan manajemen pengurangan limbah sebesar 0,309, dan terakhir manajemen pengolahan limbah sebesar 0,260.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.188/16 Fit e
Uncontrolled Keywords: Hotel, Green Hotel, Pengelolaan Limbah, Analytical Hierarchy Process
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GUSTI LAILA FITRIA, 041211231012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr. Hj., SE., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:12
Last Modified: 01 Aug 2017 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item