GAMBARAN POSTUR KERJA DAN FAKTOR INDIVIDU TERHADAP KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA TENAGA KERJA BAGIAN PACKING DI PT PETROKIMIA KAYAKU, GRESIK

IMANUDIN FAJAR ASHARI, 101310113040 (2016) GAMBARAN POSTUR KERJA DAN FAKTOR INDIVIDU TERHADAP KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA TENAGA KERJA BAGIAN PACKING DI PT PETROKIMIA KAYAKU, GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRACT.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.HKK.02-16 Ash g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Postur kerja dan karakteristik individu merupakan faktor yang mempengaruhi keefektifan suatu pekerjaan, selain itu juga dapat menjadi faktor penyebab keluhan musculoskeletal. Tujuan umum penelitian ini adalah mempelajari postur kerja dan faktor individu terhadap keluhan muskuloskeletal pada tenaga kerja bagian packing di PT Petrokimia Kayaku, Gresik. Tujuan khususnya adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan karakteristik individu dan postur kerja terhadap keluhan muskuloskeletal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah postur kerja dan karakteristik dan keluhan muskuloskeletal. Metode yang digunakan unutk postur kerja adalah Ovako Working Analysis System (OWAS) dan mengetahui keluhan subyektif muskuloskeletal menggunakan Nordic Body Map (NBM). Waktu penelitian mulai 2 s.d 31 Mei 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa di bagian packing plant cair 1 ada 4 jenis pekerjaan yaitu pembentukan kardus, memasukkan botol ke mesin, melakukan pengawasan tutup botol dan memasukkan kaleng ke kardus. Pekerjaan memasukkan kaleng ke kardus termasuk kategori tidak aman menurut OWAS sedangkan di bagian lainnya termasuk kategori aman. Keluhan subyektif muskuloskeletal terbanyak terdapat pada bagian pinggang sebesar 53,33%. Desain area kerja pada jenis pekerjaan memasukkan kaleng ke kardus perlu dilakukan perubahan yaitu dengan menambah tumpukan palet ± 5 palet dari lantai agar posisi kerja tidak membungkuk dan mencegah dan mengurangi tingkat keparahan musculoskeletal yang diterima tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.02/16 Ash g
Uncontrolled Keywords: Postur Kerja, Karakteristik Individu, Keluhan Muskuloskeletal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
IMANUDIN FAJAR ASHARI, 101310113040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:01
Last Modified: 21 Jul 2016 08:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item