TINGKAT PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi pada bagian produksi di PT. White Oil Nusantara)

FETY ‘IZZA LUTHFIYAH, 101310113046 (2016) TINGKAT PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi pada bagian produksi di PT. White Oil Nusantara). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.HKK.04-16 Lut t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan pengendalian risiko terakhir yang bertujuan untuk melindungi tenaga kerja dari bahaya serta mengurangi keparahan akibat kecelakaan kerja. Penggunaan APD menjadi keharusan bagi tenaga kerja ketika berada di tempat kerja yang masih terdapat bahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan APD dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada tenaga kerja bagian produksi PT. White Oil Nusantara. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan merupakan jenis penelitian observasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja bagian produksi PT. White Oil Nusantara. Pengambilan data dengan menggunakan kuisioner, observasi, dan wawancara. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penggunaan APD, sedangkan variabel bebas terdiri dari karakteristik tenaga kerja (umur, masa kerja, pendidikan), pengetahuan, sikap, ketersediaan APD, kenyamanan APD, pelatihan tentang APD, peraturan tentang APD, dan pengawasan penggunaan APD. Hasil penelitian didapatkan bahwa perusahaan telah menerapkan peraturan perundangan dengan menyediakan semua APD sesuai dengan jenis bahayanya, mengadakan pelatihan mengenai penggunaan APD dan diikuti oleh semua tenaga kerja, memiliki kebijakan untuk mengatur penggunaan APD di tempat kerja, melakukan pengawasan penggunaan APD secara rutin setiap hari. Karakteristik tenaga kerja menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kerja bagian produksi PT. White Oil Nusantara berada pada rentang usia 33-35 tahun, telah bekerja selama 12-13 tahun, memiliki latar belakang pendidikan SMA. Pengetahuan dan sikap tenaga kerja sebagian besar baik (56,7%). Tingkat penggunaan APD tenaga kerja sebagian besar selalu menggunakan APD di tempat kerja (60%) dan sisanya kadang-kadang menggunakan APD (40%). Faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan APD pada tenaga kerja bagian produksi PT. White Oil Nusantara adalah umur, masa kerja, pengetahuan, sikap, dan kenyamanan. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan pengetahuan tenaga kerja mengenai pentingnya menggunakan APD saat bekerja terutama kepada tenaga kerja baru, menumbuhkan kesadaran tenaga kerja agar selalu menggunakan APD saat bekerja, mengadakan pelatihan tentang APD dengan penyajian yang lebih menarik, dan menerapkan kebijakan reward.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.04/16 Lut t
Uncontrolled Keywords: perilaku, penggunaan APD, faktor yang mempengaruhi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
FETY ‘IZZA LUTHFIYAH, 101310113046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho‟im Hidayat, dr., M.S,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:24
Last Modified: 21 Jul 2016 08:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item