TERAPI LATIHAN PADA PASIEN PASCA OPERASI MITRAL VALVE REPLACEMENT

Nur Fadlilah, NIM011310213027 (2016) TERAPI LATIHAN PADA PASIEN PASCA OPERASI MITRAL VALVE REPLACEMENT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
235. 39891.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mitral disease adalah kelainan atau disfungsi berupa kerusakan mekanik atau abnormalitas struktur atau fungsi katup mitral yang menyebabkan pressure overload atau volume overload akibat katup mitral jantung gagal membuka atau menutup dengan sempurna sehingga mengganggu curah jantung. Mitral Valve Replacement merupakan prosedur bedah jantung yang dilakukan untuk mengganti katup mitral yang sudah tidak dapat diperbaiki lagi dan diganti dengan katup jantung buatan. Mitral valve replacement dilakukan untuk mengatasi kurang atau terhambatnya pembuluh darah akibat dari mitral disease baik mitral regurgitasi maupun mitral stenosis. Tindakan operasi tersebut dapat mengalami penurunan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang tindakan fisioterapi pada pasien dengan kasus mitral valve replacement dan menerapkan tindakan fisioterapi yang tepat untuk menunjang penanganan pada kasuk mitral valve replacement. Komplikasi yang ditimbulkan pasca operasi berupa penurunan kapasitas vital paru, perubahan postur dan penurunan endurance. Fisioterapi berperan dalam pengembalian kondisi fisik postur, peningkatan kemampuan fungsional paru, mempertahankan dan meningkatkan tingkat kardiovaskuler berupa pemberian latihan chest physiotherapy, latihan endurance, koreksi postur secara terprogram dan berkala. Dalam pelaksanaan terapi dibutuhkan kerjasama yang baik antara fisioterapi dengan pasien sehingga program yang disusun dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.03/16 Fad t
Uncontrolled Keywords: mitral valve replacement, chest physiotherapy, endurance exercise
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Nur Fadlilah, NIM011310213027NIM011310213027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Laswati Putra, Dr., dr., Sp.KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Susiloaji, SKM., STr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:59
Last Modified: 01 Aug 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item