PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PLANTAR FASCIITIS MENGGUNAKAN USD DAN STRETCHING UNTUK MENGURANGI NYERI

Harlin Maharani Putri, NIM011310213034 (2016) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PLANTAR FASCIITIS MENGGUNAKAN USD DAN STRETCHING UNTUK MENGURANGI NYERI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text (FULLTEXT)
240. 39897.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara biomekanis, kaki dan pergelangan kaki merupakan titik pusat tumpu berat badan yang secara keseluruhan dipindahkan pada saat ambulasi. Tumit dan telapak kaki berfungsi sebagai penerima tekanan saat menumpu tubuh, serta pergelangan kaki dapat menyesuaikan diri untuk keseimbangan pada berbagai macam posisi. Oleh karena itu, tumit dan telapak kaki cenderung mengalami gangguan gerak dan fungsi yang sangat beragam. Hal ini tidak dapat dibiarkan, karena dapat mempengaruhi pola jalan seseorang hingga mengganggu aktivitas. Fascia merupakan bagian dari jaringan penyambung yang terdiri atas dua tipe serabut yaitu serabut kolagen dan serabut elastis yang berfungsi membantu penguluran dan kontraksi otot. Nyeri tumit atau Plantar fasciitis adalah suatu peradangan pada fascia plantaris yang mengakibatkan tarikan berlebihan, sehingga terjadi kerobekan dan timbul iritasi yang diikuti radang dan menimbulkan nyeri. Plantar Fasciitis umumnya lebih banyak terjadi pada wanita usia diatas 30 tahun. Tingginya resiko terjadi Plantar Fasciitis pada usia ini sering disebabkan karena kelebihan berat badan, pekerjaan atau aktivitas yang lebih banyak berdiri dan berjalan, kehamilan, aktivitas yang berlebihan pada atlit, serta penggunaan sepatu yang kurang tepat. Peran fisioterapi dalam kasus ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional. Intervensi fisioterapi dapat berupa penggunaan modalitas Ultrasound Diathermy yang memiliki efek-efek fisiologis sehingga dapat mengurangi rasa nyeri, latihan peregangan yang bermanfaat untuk menambah fleksibilitas otot, serta edukasi sebagai program latihan di rumah. Dalam laporan ini, pasien diberikan 8 kali terapi, sehingga didapatkan adanya penurunan nyeri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.07/16 Put p
Uncontrolled Keywords: Plantar Fasciitis, Nyeri Tumit, Ultrasound Diathermy, Latihan Peregangan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Harlin Maharani Putri, NIM011310213034NIM011310213034
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPatricia Maria K., dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorSiswoyo Cahyono, SST. Ft,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:19
Last Modified: 15 Jun 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39897
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item