PENGGUNAAN METODE PNF CONTRACT RELAX PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT

Kavita Yunanda Saphna, NIM011310213043 (2016) PENGGUNAAN METODE PNF CONTRACT RELAX PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
242. 39901.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoartritis merupakan penyakit degeneratif pada kartilago sendi, dikenal juga sebagai osteoartrosis, artritis degeneratif atau artritis hipertrofik. Penyakit ini ditandai perubahan klinis, histologi dan radiologis. Sendi yang biasanya menjadi sasaran penyakit ini adalah sendi yang sering digunakan sebagai penopang berat badan seperti sendi lutut, sendi tulang belakang, sendi panggul serta sendi tangan / kaki. Osteoartritis merupakan proses penuaan yang biasanya terjadi pada mereka yang berada di kelompok usia 50 tahun ke atas. Organisasi kesehatan dunia memperkirakan bahwa OA merupakan penyebab disabilitas setidaknya 10% pada populasi di atas usia 60 tahun. Pada usia 65 tahun 30% - 40% dari penderita OA menunjukkan gejala simptomatik. Tujuan dari penatalaksanaan pasien yang mengalami osteoartritis adalah untuk edukasi pasien, pengendalian rasa sakit, memperbaiki fungsi sendi yang terserang dan menghambat penyakit supaya tidak menjadi lebih parah. Osteoartritis dengan penanganan konservatif bisa dilakukan oleh fisioterapis, banyak teknik fisioterapi yang digunakan untuk mengatasi keluhan - keluhan yang diderita pasien akibat adanya penyakit ini, dan salah satu teknik yang digunakan adalah terapi latihan dengan metode PNF (Propioceptive Neuromuscular Facilitation). Pada penderita osteoartritis biasanya mengeluhkan nyeri, dan jika tidak dilakukan tindakan pengobatan secara langsung bisa mengakibatkan komplikasi seperti kelainan bentuk, kelemahan otot, atropi otot, penurunan luas gerak sendi. Jika semua itu terjadi tidak menutup kemungkinan aktivitas fungsional juga akan terganggu. Teknik PNF bisa diberikan untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh penyakit osteoartritis karena efek dari terapi latihan PNF antara lain: mengurangi nyeri, mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot, menambah luas gerak sendi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.10/16 Sap p
Uncontrolled Keywords: Osteoartritis, PNF, luas gerak sendi, kekuatan otot
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kavita Yunanda Saphna, NIM011310213043NIM011310213043
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNuniek Nugraheni S, dr., Sp. KFR.UNSPECIFIED
ContributorSiswoyo Cahyono, SST.Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:22
Last Modified: 15 Jun 2017 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item