PENATALAKSANAAN MODALITAS TERAPI ULTRASOUND UNTUK MENGURANGI SPASME OTOT PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH MIOGENIK

PUSPITA ASRI PRADIPTA, NIM011310213025 (2016) PENATALAKSANAAN MODALITAS TERAPI ULTRASOUND UNTUK MENGURANGI SPASME OTOT PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH MIOGENIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text (FULLTEXT)
39907.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri Punggung Bawah (NPB) adalah nyeri, ketegangan otot, atau kekakuan lokal di batas bawah kosta dan di atas lipatan inferior glutea, dengan atau tanpa sciatica (nyeri yang cenderung menjalar ke posterior paha dan tungkai yang disebabkan tekanan pada saraf sciatic), dan didefinisikan sebagai kronis ketika berlangsung selama 12 minggu atau lebih. Spasme otot paralumbal terutama M. Quadratus lumborum memberi gejala yang khas yaitu kontraksi otot yang disertai nyeri serta keterbatasan luas gerak trunk. Terapi Ultrasound adalah pengobatan dengan menggunakan getaran mekanik dengan frekuensi di atas 20 kHz. Ultrasound dapat menembus jaringan lunak dalam bentuk gelombang longitudinal pada frekuensi terapi 1 atau 3 MHz. Micro-massage yang ditimbulkan oleh ultrasound akan menimbulkan efek-efek panas dalam jaringan karena adanya variasi tekanan di dalam jaringan sehingga spasme otot dapat berkurang. NPB oleh karena spasme otot M. Quadratus lumborum diberikan terapi ultrasound sebanyak empat kali didapatkan hasil akhir berupa penurunan spasme otot M. Quadratus lumborum, penurunan VAS nyeri, peningkatan luas gerak sendi fleksi dan lateral fleksi trunk, dan peningkatan kemampuan fungsional. Efek langsung yang didapatkan setelah pasien mendapatkan modalitas terapi ultrasound yaitu pasien merasa nyaman/nyeri berkurang. Efek ultrasound ini akan menjadi optimal apabila diikuti dengan exercise.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.11/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Nyeri punggung bawah, spasme otot, fisioterapi, ultrasound terapi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
PUSPITA ASRI PRADIPTA, NIM011310213025NIM011310213025
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Putu Alit Pawana, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorTrissilowati, SST. FtUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 05:09
Last Modified: 01 Aug 2017 20:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item