STRETCHING PADA PENDERITA HAMSTRING TIGHTNESS

Alila Gusti Noviella, NIM011310213006 (2016) STRETCHING PADA PENDERITA HAMSTRING TIGHTNESS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
245. 39910.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fleksibilitas merupakan kemampuan dari sebuah sendi,otot dan ligamen di sekitarnya untuk bergerak dengan leluasa dan nyaman dalam ruang gerak maksimal yang diharapkan. Fleksibiltas dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu otot, tendon, ligamen, usia, jenis kelamin, suhu tubuh dan struktur sendi. Fleksibilitas yang kurang dapat menyebabkan gerakan lebih lamban dan rentan terhadap cedera otot, ligamen, dan jaringan lainnya. Hamstring tightness adalah kondisi otot yang mengalami pemendekan atau menurunnya elastisitas dan fleksibilitas otot. Pada kasus tightness pada otot harus segera diulur ke ukuran panjang otot yang normal. Untuk mengatasi masalah pemendekan dan gangguan fleksibilitas yang terjadi serta meningkatkan kerja otot hamstring secara optimal, maka dibutuhkan suatu terapi latihan yang bersifat mengulur jaringan atau otot yang mengalami tightness serta mengembalikan fleksibilitas otot tersebut yang dikenal dengan istilah stretching. Fisioterapi sangat berperan pada kasus hamstring tightness yaitu dengan stretching. Respon fisiologis dari stretching sendiri dapat meningkatan panjang otot, elastisitas jaringan ikat, seperti tendon, otot dan ligamen. Hasil program terapi menggunakan latihan stretching pada kasus hamstring tightness yang didapat adalah bertambahnya luas gerak sendi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.14/16 Nov s
Uncontrolled Keywords: fleksibilitas, hamstring tightness, stretching
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Alila Gusti Noviella, NIM011310213006NIM011310213006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorReni Hendrarati M., dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorRadi, S, S.Tr. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 05:32
Last Modified: 15 Jun 2017 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39910
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item