PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA TENNIS ELBOW DENGAN TERAPI LATIHAN DAN TERAPI MODALITAS ULTRASOUND

Hefi Nunik Susandari, 011310213021 (2016) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA TENNIS ELBOW DENGAN TERAPI LATIHAN DAN TERAPI MODALITAS ULTRASOUND. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
247. 39912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tennis elbow atau yang secara medis disebut dengan lateral epicondylitis adalah suatu peradangan pada jaringan lunak yang terletak pada sisi luar sendi siku yang sering mengenai otot ekstensor karpi radialis brevis dan tendonnya. Tipe I, tempat cedera terletak pada origo ekstensor carpi radialis longus dengan jumlah kejadian hanya 1%. Tipe II, merupakan tipe yang paling umum, dimana cedera terjadi pada tempat perlengketan tendon otot ekstensor karpi radialis brevis pada epicondylus lateralis humeri, dengan jumlah kejadian 90%. Tipe II ini merupakan daerah kritis dimana sirkulasi darah rendah, proses penyembuhan lambat dan dapat terjadi reinjury. Disamping itu terdapat perlekatan kolagen yang acak, sehingga menimbulkan nyeri regang. Tipe III, pada tipe ini, yang mengalami cedera yaitu tendon muscle junction otot-otot ekstensor karpi radialis brevis. Akibat terjadi kerusakan pada perbatasan jaringan otot dengan tendon, maka akan terjadi proses inflamasi yang disusul dengan proses penyembuhan jaringan. Tipe IV Pada tipe ini, yang mengalami cedera adalah perut otot dari otot-otot ekstensor karpi radialis brevis. Karena sirkulasi darah yang baik pada lokasi ini, maka penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat. Pada tennis elbow, fisioterapi berperan untuk mengurangi nyeri pada daerah sekitar siku, mengurangi spasme pada otot m. Biceps brachii (S) dan m. Ekstensor karpi radialis (S), meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan LGS. Tindakan fisioterapi yang dapat dilakukan pada tennis elbow adalah terapi modalitas ultrasound dan terapi latihan stretching.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.16/16 Sus p
Uncontrolled Keywords: tennis elbow, fisioterapi, ultrasound, stretching.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hefi Nunik Susandari, 011310213021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPatricia M. Kurniawati., dr., Sp.KFR.UNSPECIFIED
ContributorKajad, S.ST. Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 26 Jul 2016 05:40
Last Modified: 15 Jun 2017 18:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item