CHEST FISIOTERAPI PADA NEONATUS PRETERM AKIBAT PNEUMONIA

Nihla Vadia Haya Wiyanto, NIM011310213024 (2016) CHEST FISIOTERAPI PADA NEONATUS PRETERM AKIBAT PNEUMONIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK TA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
253. 39918.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Neonatus preterm (kurang bulan) adalah bayi yang lahir sebelum melengkapi 37 minggu, dari hari pertama haid terakhir. Bayi pada kondisi ini sangat berbeda dengan bayi aterm (cukup bulan) yang lahir 37 - 41 minggu baik dalam ukuran, tampilan dan perkembangan. Pada kehamilan 35 minggu, mungkin perlu makan melalui sonde. Selain itu bayi dengan neonatus preterm memiliki banyak kerugian secara morbiditas maupun mortalitas. Pneumonia adalah inflamasi yang mengenai parenkim paru. Sebagian besar disebabkan oleh mikroorganisme (virus atau bakteri) dan sebagian kecil disebabkan oleh hal lain (aspirasi, radiasi dll). Berdasarkan distribusi anatomik pneumonia dapat dikelompokkan menjadi pneumonia lobaris, pneumonia intersisialis, bronkopneumonia, pleuropneumonia. Namun untuk dasar tatalaksana lebih baik membagi pneumonia menurut etiologinya misalnya pneumonia pneumokokus, pneumonia streptokokus, pneumonia Staphylococcus, pneumonia virus yang disebabkan oleh infeksi atau pneumonia aspirasi, loeffler syndrome, pneumonia hipostatik yang disebabkan oleh non infeksi. Chest fisioterapi adalah salah satu teknik dari fisioterapi yang berguna bagi penderita penyakit respirasi baik bersifat akut maupun kronis, sangat efektif dalam upaya mengeluarkan sekret dan memperbaiki ventilasi pada pasien dengan fungsi paru terganggu. Tujuan dilakukan chest fisioterapi pada pasien adalah untuk upaya mengeluarkan sekret, memperbaiki ventilasi, mengembalikan dan memelihara fungsi otot-otot pernafasan, membantu membersihkan bronkus dari sekret, mencegah penumpukan sekret dan memperbaiki pergerakan dan aliran sekret.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.21/16 Wiy c
Uncontrolled Keywords: Neonatus Preterm, Pneumonia, Chest Fisioterapi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Nihla Vadia Haya Wiyanto, NIM011310213024NIM011310213024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeisy Andriana, dr.SpKFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorYulia Trisnawati, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:54
Last Modified: 15 Jun 2017 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item