TERAPI LATIHAN PADA PASIEN STROKE ISKEMIA DENGAN METODE BOBATH

VIDA SEPTI AMRIYANA, NIM011310213029 (2016) TERAPI LATIHAN PADA PASIEN STROKE ISKEMIA DENGAN METODE BOBATH. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.25-16 Amr t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut WHO stroke adalah terjadinya gangguan fungsional otak fokal maupun global secara mendadak dan akut yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau bahkan berakhir dengan kematian, akibat gangguan aliran darah. Gejala yang paling umum dari stroke adalah kelemahan mendadak atau mati rasa wajah, lengan atau kaki, paling sering pada satu sisi tubuh. Masalah-masalah yang ditimbulkan oleh stroke bagi kehidupan manusia pun sangat kompleks. Adanya gangguan-gangguan fungsi vital otak seperti gangguan koordinasi, gangguan keseimbangan, gangguan kontrol postur, gangguan sensasi, dan gangguan refleks gerak akan menurunkan kemampuan aktivitas fungsional individu sehari-hari. Dalam menangani pasien stroke dapat menggunakan terapi latihan metode bobath. Metode bobath adalah suatu metode yang menggunakan pendekatan problem solving dengan tujuan optimalisasi fungsi dengan peningkatan kontrol postural dan gerakan selektif melalui fasilitasi. Analisa gerak normal menjadi dasar uama penerapan aplikasi metode ini. Dengan pemahaman gerak normal, maka setiap fisioterapis akan mampu melakukan identifikasi problematik gerak kepada setiap penderita stroke. Pada prinsipnya bentuk latihan dengan pendekatan metode bobath bersifat individual, tergantung problem yang di temukan pada pemeriksaan terhadap pasien. Terapi dilakukan sebanyak 6 kali dengan hasil yang didapatkan yaitu peningkatan kontrol gerak yang baik meskipun masih ada kompensasi gerakan, kekuatan otot lebih dari 3, dan pasien mampu melakukan aktifitas fungsional secara mandiri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.25/16 Amr t
Uncontrolled Keywords: stroke, metode bobath, gangguan fungsional otak, kontrol postural
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
VIDA SEPTI AMRIYANA, NIM011310213029NIM011310213029
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPatricia Maria K., dr., Sp. KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Budi, S, SST.Ft,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:14
Last Modified: 26 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item