ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN PREEKLAMPSIA DI RUMAH SAKIT dr. H. ABDUL MOELOEK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIDAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA KEJADIAN PROVINSI LAMPUNG

Gustini, Misda (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN PREEKLAMPSIA DI RUMAH SAKIT dr. H. ABDUL MOELOEK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIDAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA KEJADIAN PROVINSI LAMPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FK BID 07 16 Hid f_Part6.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
FK BID 07 16 Hid f.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia pada tahun 2012 berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) adalah 359 per 100.000 kelahiran hidup.Lima penyebab kematian ibu terbesar adalah perdarahan, hipertensi dalam kehamilan, infeksi, partus lama/ macet dan abortus. Preeklampsia adalah penyakit dengan tanda-tanda hipertensi , edema, dan proteinuria yang timbul karena kehamilan. Penyebab dari preeklampsia sampai saat ini belum diketahui secara pasti namun ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan kelainan tersebut antara lain teori kelainan vaskularisasi plasenta, teori iskemia plasenta, teori intoleransi imunologik ibu dan janin, teori adaptasi kardiovaskuler, teori genetik, teori defisiensi zat besi, dan teori stimulus inflamasi. Ada beberapa faktor resiko terjadinya preeklampsia yaitu gravida, usia, kehamilan ganda, riwayat preeklampsia sebelumnya, riwayat dalam keluarga menderita preeklampsia, obesitas, dan hiperplasentosis Di Provinsi Lampung penyebab kasus kematian ibu pada tahun 2012 adalah disebabkan oleh Eklampsia (59,33%), perdarahan (40,23%) infeksi (4,2%).. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Data diambil dari medical recordRumah Sakit dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung periode Januari 2015- Desember 2015. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan acak sistematis yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan 63 Sampel. Hasil penelitian menunjukkan dari empat variabel yang diteliti yaitu usia, paritas, jumlah janin dan riwayat hipertensi. Dari uji statistik chi square didapatkan ada hubungan antara usia dengan kejadian preeklampsia (P = 0,048), ada hubungan antara gravida dengan kejadian preeklampsia (P = 0.014) , ada hubungan antara riwayat hipertensi dengan kejadian preeklampsia (P =0,006) dan tidak ada hubungan antara jumlah janin dengan kejadian preeklampsia (P = 1,000). Pada analisis multivariat dianalisis dengan metode regresi logistik. Kekuatan pengaruh dari variabel gravida terhadap preeklampsia adalah OR 5,953 ( 95% CI 1,340 – 26,438) variabel riwayat hipertensi terhadap preeklampsia adalah OR 6,554 sedangkan variabel usia dan jumlah janin dak terdapat hubungan secara statistik dengan uji regresi logistik. Kesimpulan ada hubungan antara usia, gravida, dan riwayat hipertensi dengan kejadian preeklampsia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.08/16 Gus a
Uncontrolled Keywords: usia, gravida, Jumlah Janin, Riwayat preeklampsia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Gustini, MisdaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDJimmy Yanuar Annas, ,dr.,SpOG(K)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDBambang Purwanto, Dr.,.dr.M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:40
Last Modified: 18 Oct 2016 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item