LATIHAN ENDURANCE PADA PASIEN TETRALOGI FALLOT PASCA OPERASI TOTAL KOREKSI

Melya Rossa, NIM011310213008 (2016) LATIHAN ENDURANCE PADA PASIEN TETRALOGI FALLOT PASCA OPERASI TOTAL KOREKSI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
258. 39924.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tetralogi Fallot merupakan penyakit jantung kongenital yang ditandai dengan hadirnya empat kondisi, yaitu defek sekat ventrikel, stenosis pulmonal, overriding aorta, dan hipertrofi ventrikel kanan. Penyebab dari Tetralogi Fallot masih tidak jelas, kemungkinan didapatkan faktor lingkungan yang tidak diketahui yang berperan besar dalam munculnya kelainan ini. Manifestasi klinis yang timbul yakni sianosis, sesak nafas, dan intoleransi terharap aktivitas. Penanganan operatif yang dapat dilakukan pada pasien dengan Tetralogi Fallot adalah operasi BT shunt ataupun Total Koreksi. Tindakan operatif yang paling sering dilakukan adalah operasi Total Koreksi, yakni terdiri dari penutupan defek sekat ventrikel (VSD) dan pengambilan obstruksi saluran keluar ventrikel kanan. Tindakan tersebut dapat menyebabkan problem penurunan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional. Problem utama yang dialami pasien Tetralogi Fallot pasca operasi Total Koreksi adalah problem penurunan endurance yang diakibatkan oleh inaktivitas atau pembatasan dalam beraktivitas karena gangguan fungsional jantung sejak lahir. Problem lain yang menyertai yakni retensi sekret, penurunan kapasitas vital paru, penurunan chest expansion, keterbatasan luas gerak sendi akibat nyeri insisi, serta postur yang buruk. Fisioterapi berperan dalam meningkatkan toleransi aktivitas, meningkatkan kemampuan fungsional paru, dan memperbaiki postur tubuh. Tindakan fisioterapi yang dilakukan adalah latihan endurance dengan latihan jalan terprogram, breathing exercise, latihan ROM, latihan batuk efektif, dan koreksi postur.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.26/16 Asm p
Uncontrolled Keywords: Tetralogi Fallot, total koreksi, fisioterapi, latihan endurance
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Melya Rossa, NIM011310213008NIM011310213008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Poerwandari, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Susiloaji, SKM, STR.Kes,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:41
Last Modified: 18 Jun 2017 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item