TERAPI LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT PADA PENDERITA GUILLAIN BARRE SYNDROME

RIZKY YULIA YUDAWATI, NIM011310213012 (2016) TERAPI LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT PADA PENDERITA GUILLAIN BARRE SYNDROME. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
263. 39929.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guillain Barre Syndrome adalah penyakit langka yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem kekebalan sel-sel saraf. Kerusakan pada sistem kekebalan tersebut terinfeksi oleh virus maupun bakteri. Pada kondisi tubuh yang buruk seperti asupan gizi yang kurang atau kondisi lingkungan yang buruk dapat menyebabkan antibodi tidak bekerja secara optimal. Sehingga mempermudah penyakit, virus maupun bakteri untuk menyerang. Kerusakan sistem kekebalan menimbulkan pembengkakan pada saraf tepi. Hal ini menyebabkan penurunan respon otot karena sistem saraf kesulitan menghantarkan rangsang. Kerusakan kekebalan atau antibodi ini terjadi karena infeksi oleh bakteri Campylobacter jejeni sebagai pemicu gejala GBS. Selain itu, bisa terjadi setelah orang tersebut mengalami flu atau infeksi virus lainnya seperti Cytomegalovirus dan virus Epstein Barr. Gejala utama yang biasanya terjadi berupa kelemahan pada keempat anggota gerak baik ekstremitas atas maupun ekstremitas bawah, arefleksia atau hiporefleksia yang bersifat general. Kelemahan dari keempat anggota gerak disebabkan kerena adanya penurunan kekuatan otot sehingga pasien mempunyai masalah pada kemampuan fungsional. Terapi latihan adalah sistematik perencanaan melakukan pergerakan tubuh, postur atau aktivitas fisik yang bermaksud untuk memberikan pasien/klien dengan tujuan memperbaiki atau mencegah kerusakan jaringan, memperbaiki, mengembalikan atau meningkatkan fungsi fisik, mencegah atau mengurangi faktor resiko yang berhubungan dengan kesehatan fisik penderita GBS, mengoptimalkan status kesehatan secara keseluruhan, kebugaran atau rasa kesejahteraan pada penderita GBS.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.30/16 Yud t
Uncontrolled Keywords: Guillain Barre syndrome, terapi latihan, strengthening exercise
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY YULIA YUDAWATI, NIM011310213012NIM011310213012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatchur Rochman, dr., Sp. KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Srihastuti, SSt. Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:58
Last Modified: 18 Jun 2017 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item