PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA OSTEOARTHRITIS KNEE BILATERAL DENGAN MENGGUNAKAN QUADRICEPS EXERCISE

Bayu Jadmiko, NIM011310213001 (2016) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA OSTEOARTHRITIS KNEE BILATERAL DENGAN MENGGUNAKAN QUADRICEPS EXERCISE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (945kB)
[img] Text (FULLTEXT)
265. 39931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoarthritis atau disebut juga penyakit sendi degeneratif adalah suatu kelainan pada kartilago yang ditandai dengan perubahan klinis, histologi, dan radiologi. Penyakit ini bersifat asistemik, tidak ada komponen sistemik. Osteoarthritis sering dialami oleh orang yang umurnya diatas 40 tahun . Osteoarthritis paling sering mengenai lutut, panggul, tulang belakang, dan pergelangan kaki. Otot quadrisep merupakan otot pada sendi lutut yang berfungsi sebagai stabilisasi aktif sendi lutut dan juga berperan dalam pergerakan sendi yaitu gerakan ekstensi lutut yang digunakan dalam aktifitas berjalan, berlari, melompat, menendang, dan lain sebagainya. Otot quadriseps memiliki kekuatan yang melebihi semua grup otot ekstensor yang ada pada ekstremitas tubuh. Otot quadriseps memerlukan kekuatan yang maksimal agar dapat melakukan fungsi dengan sempurna dan menghasilkan kekuatan otot yang tinggi. Di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya prevalensi Osteoarthritis lutut tahun 2014 pada bulan Januari - Desember merupakan kasus terbesar urutan ke 2 dari 99 kasus yang ada mencapai 9,10 yaitu 360 orang dari 3.965 orang jumlah pasien rawat jalan. Dengan terapi latihan strengthening maka akan terjadi penambahan jumlah sarkomer dan serabut otot (filamen aktin dan miosin yang diperlukan dalam kontraksi otot), sehingga dengan terbentuknya serabut-serabut otot yang baru maka kekuatan otot dapat meningkat. Bila latihan itu dilakukan secara berulang – ulang maka akan terjadi peningkatkan stabilitas dan menurunkan inflamasi subkondral dikapsul sehingga mengurangi nyeri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.32/16 Jad p
Uncontrolled Keywords: osteoarthritis, penguatan quadrisep, mengurangi nyeri
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Bayu Jadmiko, NIM011310213001NIM011310213001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatchur Rochman, dr.Sp.KFR (K).UNSPECIFIED
Thesis advisorLantjar Januwidodo, SST.Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:20
Last Modified: 18 Jun 2017 16:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item