PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENCEGAHAN KANKER SERVIKS DI SMA NEGERI 1 SEGEDONG KALIMANTAN BARAT

MUSTIKA, YENI (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENCEGAHAN KANKER SERVIKS DI SMA NEGERI 1 SEGEDONG KALIMANTAN BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK BID 07 16 Hid f_Part8.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FK BID 07 16 Hid f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan komponen penting bagi remaja perempuan. Pada masa remaja perlu diberikan bekal pengetahuan untuk mampu memilih gaya hidup sehat dan merubah perilaku dari berisiko tinggi ke resiko rendah terhadap suatu penyakit, salah satunya pengetahuan tentang kanker serviks. Data program kesehatan reproduksi remaja di Puskesmas Segedong menunjukkan belum adanya pendidikan kesehatan tentang pencegahan kanker serviks di SMA Negeri 1 Segedong Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang pencegahan kanker serviks di SMA Negeri 1 Segedong Kalimantan Barat. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental designs dengan one group pretest-posttest design. Penelitian menggunakan teknik total sampling dengan besar sampel sebanyak 84 responden. Pendidikan kesehatan tentang kanker serviks adalah variabel independen dan pengetahuan remaja tentang pencegahan kanker serviks adalah variabel dependen. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test dengan α = 0,05. Dari penelitian diperoleh hasil sebagian besar pengetahuan remaja putri dalam pencegahan kanker serviks setelah diberikan pendidikan kesehatan masuk dalam kategori pengetahuan baik yaitu sebanyak 48 orang (57,1%). Pengujian pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang pencegahan kanker serviks ini menunjukkan hasil yang bermakna. Nilai Z sebesar -7.103 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang pencegahan kanker serviks. di SMA Negeri 1 Segedong Kalimantan Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.10/16 Mus p
Uncontrolled Keywords: Kanker Serviks, Remaja Perempuan, Pendidikan Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUSTIKA, YENIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDSunjoto, dr, Sp.OG (K)UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSulistiawati, Dr.,dr, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:35
Last Modified: 26 Jul 2016 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item