UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura) TERHADAP Aeromonas hydrophila SECARA IN VITRO

ONNY KURNIA SARI, 140911027 (2016) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura) TERHADAP Aeromonas hydrophila SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.ringkasan.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.38-16 Sar u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Serangan penyakit merupakan salah satu kendala yang sering terjadi dalam usaha budidaya ikan. Bakteri Aeromonas hydrophila sebagai bakteri oportunistik, penyebab penyakit pada berbagai jenis ikan air tawar. Penggunaan antibiotik mempunyai efek samping dan beberapa kelemahan yaitu dapat menimbulkan resistensi terhadap bakteri, memerlukan biaya yang cukup mahal, dan dapat mencemari lingkungan perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan aktivitas antibakteri ekstrak daun kersen terhadap A. hydrophila secara in vitro dan untuk mengetahui konsentrasi minimum ekstrak daun kersen yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap A. hydrophila secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2014 di Balai Karantina Juanda Surabaya dan Unit Layanan Pengujian Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Pada penelitian ini yang diteliti adalah aktivitas ekstrak daun kersen sebagai antibakteri terhadap A. hydrophila dengan membandingkan antara perlakuan dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen muda memiliki aktivitas antibakteri terhadap A. hydrophila sedangkan ekstrak daun kersen tua tidak. Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) ekstrak daun kersen terhadap A. hydrophila yaitu 50% dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) ekstrak daun kersen yaitu 12,5%. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dan mendalam tentang kandungan daun kersen muda dan tua yang berfungsi sebagai antibakteri serta perlu adanya uji aktivitas antibakteri ekstrak daun kersen secara in vivo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.38/16 Sar u
Uncontrolled Keywords: ANTIBAKTERI; EKSTRAK DAUN KERSEN; Aeromonas hydrophila
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH343.4 Fishery research vessels
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ONNY KURNIA SARI, 140911027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:25
Last Modified: 27 Jul 2016 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item