ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI AMILOLITIK DARI GASTROINTESTINAL UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

MUTIA ADINDA TRESNADEWI, 141111108 (2016) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI AMILOLITIK DARI GASTROINTESTINAL UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. Ringkasan.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.47-16 Okt i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara pengembangan kegiatan budidaya guna meningkatkan produksi udang vaname adalah pemanfaatan mikroorganisme. Mikroorganisme dalam bidang perikanan dapat dimanfaatkan sebagai probiotik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa saluran pencernaan dapat dijadikan sebagai sumber mikroorganisme probiotik. Mikroflora pada saluran pencernaan ikan mempunyai peranan penting dalam fungsi fisiologis saluran pencernaan ikan dan mekanisme perlindungan terhadap mikroba patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat bakteri amilolitik dari saluran pencernaan udang vaname (L. vannamei) dan karakteristik bakteri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode teknik pengumpulan data yang dilakukan secara observasi langsung kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Parameter utama penelitian ini adalah isolat bakteri amilolitik dan hasil karakterisasi isolat bakteri amilolitik dari hasil uji kadar garam, uji pH dan identifikasi genus bakteri saluran pencernaan udang vaname. Parameter pendukung yang diamati yaitu hasil identifikasi genus bakteri lingkungan tambak udang vaname. Hasil penelitian diperoleh tiga isolat bakteri amilolitik yang mempunyai aktivitas amilolitik paling kuat yaitu SA 3 (Bacillus sp.), SA 5 (Bacillus sp.) dan SA 7 (Micrococcus sp.). Ketiga isolat mampu tumbuh pada kadar garam 10 ppt, 20 ppt, 30 ppt, 40 ppt dan 50 ppt. Ketiga isolat juga mampu tumbuh pada pH 5, 7 dan 9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.47/16 Okt i
Uncontrolled Keywords: ISOLASI; KARAKTERISASI; BAKTERI AMILOLITIK; GASTROINTESTINAL; UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MUTIA ADINDA TRESNADEWI, 141111108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:57
Last Modified: 27 Jul 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39955
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item