EFEKTIFITAS KOMBINASI BIOFILTER TANAMAN GENJER (Limnocharis flava) dan KIJING (Pilsbryoconcha exilis) TERHADAP PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb)

SILFIA YULIANI, 1412111025 (2016) EFEKTIFITAS KOMBINASI BIOFILTER TANAMAN GENJER (Limnocharis flava) dan KIJING (Pilsbryoconcha exilis) TERHADAP PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ringkasan.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.48-16 Yul e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyak industri atau pabrik yang membuang limbah industrinya ke sungai tanpa penanganan atau mengolah limbah terlebih dahulu dan juga kegiatan rumah tangga yang membuang limbahnya ke sungai (Yanney, 2001). Secara umum diketahui bahwa logam berat merupakan elemen yang berbahaya di permukaan bumi. (Darmono, 2010). Timbal (Pb) merupakan salah satu logam berat beracun dan berbahaya, banyak ditemukan sebagai pencemar dan cenderung mengganggu kelangsungan hidup organisme perairan (Palar, 2004). Adanya timbal (Pb) yang masuk ke dalam ekosistem dapat menjadi sumber pencemar dan dapat mempengaruhi biota perairan seperti mematikan ikan terutama pada fase juvenil karena toksisitasnya tinggi (Darmono, 2010). Timbal (Pb) yang masuk ke dalam perairan dapat berasal dari limbah buangan industri kimia, industri percetakan, industri yang menghasilkan logam dan cat (Palar, 2004). Akibat perairan yang tercemar diperlukan biofilter, pada penelitian ini, digunakan biofilter, yakni kombinasi kijing dan tanaman genjer. Keberadaan kijing dalam suatu perairan diketahui menjadi biofilter logam berat dalam suatu perairan. Menurut Nugroho (2006), famili Unionidae bermanfaat secara ekologis karena mampu menjernihkan air berkat efisiensinya menyaring partikel tersuspensi dan alga. Pada penelitian sebelumnya, diketahui penggunaan biofilter kijing dengan jumlah 15 ekor dapat menurunkan 0,6 ppm dalam waktu 5 hari (Pitaloka., dkk 2013) sehingga pada penelitian ini penggunaan biofilter dikombinasi dengan tanaman air yakni genjer (Limnocharis flava) agar penyerapan logam berat dapat efektif dan lebih cepat. Tanaman genjer merupakan sejenis rumput liar yang tumbuh di lingkungan berair, sebelumnya pernah dilakukan penelitian tentang tanaman genjer untuk menurunkan kadar konsentrasi logam berat. Genjer dapat menyerap logam berat sebanyak 2-9 ppm dalam waktu 1 minggu (Priyanti, 2013). Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adaah untuk mengetahui pengaruh efektifitas kombinasi biofilter tanaman genjer dan kijing dalam menurunkan konsentrasi logam berat timbaal (Pb). Percobaan ini terdiri atas empat perlakuan yang diulang sebanyak lima kali sehingga terdapat dua puluh satuan percobaan dengan menggunakan Rancangan Faktorial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.48/16 Yul e
Uncontrolled Keywords: KOMBINASI BIOFILTER TANAMAN GENJER (Limnocharis flava); KIJING (Pilsbryoconcha exilis); PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH343.5 Exploratory fishing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
SILFIA YULIANI, 1412111025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Suprapto, Prof. Dr., Ir., M.AgrUNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., M.PUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:16
Last Modified: 27 Jul 2016 08:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item