PERILAKU DAN AKTIVITAS ANGGOTA KOMUNITAS MOTOR (Studi Deskriptif tentang Perilaku dan Aktivitas Anggota Komunitas Motor Box (Kombo) Indonesia Chapter Surabaya dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Kopdar dan Touring Terkait dengan Pengenalan Lokasi/Obyek Wisata)

RETNO SUCI RAHAYU LESTARI, 071310213005 (2016) PERILAKU DAN AKTIVITAS ANGGOTA KOMUNITAS MOTOR (Studi Deskriptif tentang Perilaku dan Aktivitas Anggota Komunitas Motor Box (Kombo) Indonesia Chapter Surabaya dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Kopdar dan Touring Terkait dengan Pengenalan Lokasi/Obyek Wisata). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
289. 39979.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini perkembangan perangkat Teknologi Informasi kian canggih dan juga kehadiran internet di tengah-tengah masyarakat semakin membawa begitu banyak kemudahan bagi penggunanya. Berbagai perangkat internet membuat beragam akses terhadap informasi kini dapat diakses hanya melalui satu pintu saja. Internet juga dapat menembus batas dimensi kehidupan penggunanya oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, tidak terkecuali anggota komunitas motor yang sedang melakukan kegiatan Kopdar dan Touring. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan tentang gambaran perilaku dan aktivitas pemanfaatan perangkat Teknologi Informasi di kalangan anggota Komunitas Motor Box (KOMBO) Indonesia Chapter Surabaya dalam pelaksanaan kegiatan Kopdar dan Touring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut. Hal ini dilakukan apabila anggota populasi dianggap homogen (sejenis). Populasi dari penelitian ini adalah anggota Komunitas Motor Box (KOMBO) Indonesia Chapter Surabaya, dengan jumlah sampel sebesar 100 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, data sekunder, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa mayoritas anggota Komunitas Motor Box (KOMBO) Indonesia Chapter Surabaya dalam memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi di kegiatannya mayoritas responden menggunakan Smartphone atau Tablet adalah jenis perangkat yang lazimnya digunakan dengan konten berupa gambar sebagai jenis konten yang sering diunggah responden berikut deskripsi obyek/lokasi kegiatan. Fasilitas Publik sebagai lokasi akses dengan media pengunggahan berupa Smartphone/Tablet/Balckberry menjadi pilihan sebagian besar responden. Media sosial dipilih responden sebagai situs web (website) yang efektif untuk publikasi serta promosi, cara agar publikasi serta promosi berjalan lebih efektif yaitu dengan memberi caption dan hastag/tangar (#) menarik, dan membuat poin lokasi baru di situs web Google Maps. Dampak dari pemanfaatan perangkat Teknologi Informasi di kegiatan Kopdar dan Touring adalah ditemukannya obyek/lokasi baru yang memiliki potensi wisata. Selain itu proses pengunggahan konten dan upaya promosi mampu membuat banyak netizen mengetahui informasi mengenai lokasi/obyek dan potensi wisata tersebut, serta mampu menarik netizen yang penasaran dan berkeinginan untuk mengunjungi lokasi/obyek yang pernah dikunjungi anggota komunitas motor di kegiatan Kopdar dan Touring.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.27/16 Les p
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Komunitas Motor, Kopdar, Touring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RETNO SUCI RAHAYU LESTARI, 071310213005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNovianto Edi Suharno, SST.Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:58
Last Modified: 18 Jun 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item