CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TAMAN REMAJA SURABAYA (Studi DeskriptifTentang Tanggung Jawab Sosial Taman Remaja Surabaya Terhadap Warga Ambengan Batu, Surabaya)

ANDRIAN BUDI C, 071310213084 (2016) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TAMAN REMAJA SURABAYA (Studi DeskriptifTentang Tanggung Jawab Sosial Taman Remaja Surabaya Terhadap Warga Ambengan Batu, Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
13. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
290. 39980-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Corporate social responsibiity ialah sebuah basis teori yang secara garis besar menggambarkan bentuk kedermawanan perusahaan terhadap stakeholdernya. CSR masih menjadi perdebatan dikancah perindustrian Indonesia banyaknya argumen dari individu baik dari kalangan pemerintahan, akademisi, LSM, dan masih banyak lagi, hal ini dikarenakan CSR dipandang sebagai teori yang elastis bisa menjadi mitra perusahaan atau menjadi boomerang perusahaan namun hal ini perlu dipahami jika menjadi boomerang ini bukan salah dari teori CSR tetapi bagaimana individu yang menerapkanya. Pada dasarnya CSR sendiri tidak lepas dari tiga faktor yang diantaranya faktor ekonomi, lingkungan dan sosial yang kemudian tiga faktor ini biasa dikenal dengan triple bottom line peneliti mengangkat tema CSR dengan objek penelitian suatu industri pariwisata yang bergerak dibidang obyek daya tarik wisata buatan yaitu Taman Remaja Surabaya yang kemudian peneliti sempitkan kepada bagaimana bentuknya, kapan dan dimana, dan opini warga Ambengan batu RW 04 Kelurahan tambaksari, Surabaya selaku stakeholder Taman Remaja Surabaya yang dilaksanakan oleh departemen personalia Taman Remaja Surabaya. Mengenai segala bentuk CSR peneliti memfokuskan kepada dua sifat yang pertama bersifat jangka panjang (suistainability) dan yang kedua bersifat jangka pendek (charity). Untuk yang bersifat jangka panjang pihak Taman Remaja Surabaya memberikan sebuah gratis tiket masuk dan wahana bermain, sedangka untuk jangka pendek pihak Taman Remaja Surabaya memberikan bantuan dana hibah kepada warga baik itu tunai maupun natura. Opini warga dari implementasi CSR Taman Remaja Surabaya menjadi variabel terkuat atas tercetusnya program CSR Taman Remaja Surabaya. Warga mengapresiasi atas tindakan pengimplementasian CSR namun sistem birokrasi dalam meminta sumbangan kepada pihak Taman Remaja Surabaya menjadi suatu hal yang tabu menurut warga. Karena warga sendri dalam meminta sumbangan juga sadar akan hal-hal sedemikian rupa. Namun untuk timbal balik kepada Taman Remaja Surabaya memang tidak bisa dilacak secara jangka pendek namun bisa dilacak dan dipetik dimasa mendatang. Timbal balik yang terjadi ialah penerimaan Taman Remaja Surabaya dari warga hal ini terbukti tidak adanya konflik yang terjadi semenjak Taman Remaja Surabaya awal berdiri

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.28/16 Bud c
Uncontrolled Keywords: CSR corporate social responsibility, stakeholders, suistainable, charity
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIAN BUDI C, 071310213084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:04
Last Modified: 18 Jun 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item