KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA KARYAWAN (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja Karyawan Departemen F&B di Hotel Garden Palace Surabaya)

Astrid Yunita Atapary, 071310213066 (2016) KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA KARYAWAN (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja Karyawan Departemen F&B di Hotel Garden Palace Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
292. 39982.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia Industri Pariwisata, terutama di Industri Perhotelan sangat membutuhkan keamanan dan keselamatan kerja bagi karyawannya. Tentunya sangat membantu untuk meningkatkan kualitas hotel serta meningkatkan pelayanan untuk tamu dan pengunjung hotel. Dengan berbagai prosedur dan aturan yang telah ditetapkan hotel, maka penting bagi karyawan untuk memahami dan melaksanakan aturan keamanan dan keselamatan kerja di hotel. Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Peneliti ingin mengetahui keamanan dan keselamatan kerja karyawan pada departemen Food and Beverage pada hotel Garden Palace Surabaya (2) Peneliti ingin mengetahui pendapat karyawan hotel Garden Palace Surabaya di departemen Food and Beverage mengenai peraturan keselamatan dan keamanan kerja yang telah dibuat oleh perusahaan hotel tersebut. Lokasi tempat penelitian ini adalah Hotel Garden Palace Surabayayang terletak di Yos Sudarso No 11 Surabaya. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, yang menjelaskan secara menyeluruh mengenai keamanan dan keselamatan kerja karyawan di departemen Food and Beverage. Pengumpulan data yang dilakukan penulis antara lain observasi, wawancara, dan pengumpulan data serta dokumen. Observasi yang dilakukan penulis adalah observasi terbuka, wawancara yang dilakukan peneliti menggunakan pedoman wawancara. Hotel Garden Palace Surabaya memiliki prosedur-prosedur yang umumnya digunakan untuk meminimalisir kecelakaan yang besar atau kecelakaan yang berbahaya yang terjadi di hotel, prosedur-prosedur mengenai keamanan dan keselamatan kerja karyawan sudah diterapkan oleh manajemen hotel khusunya di departemen Food and Beverage, pihak hotel sudah melakukan pelatihan untuk karyawan di departemen Food and Beverage mengenai keamanan dan keselamatan kerja karyawan jika bekerja di area departemen Food and Beverage. Prosedur-prosedur yang sudah diterapkan oleh hotel juga harus dijunjung dengan kesadaran kerja karyawan itu sendiri agar dapat menciptakan kondisi kerja yang kondusif. Penerapan keamanan dan keselamatan kerja karyawan di departemen Food and Beverage ini mempunyai kendala, diantaranya adalah kendala dari SDM hotel itu sendiri karena kemampuan cara berpikir yang berbeda-beda setiap karyawannya, kurangnya waktu untuk memberi pelatihan khusus untuk karyawan keseluruhan, kurangnya sosialisasi tentang kepedulian semua karyawan di departemen F&B terhadap area kerja masing-masing.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.30/16 Ata k
Uncontrolled Keywords: Penerapan, keamanan, keselamatan kerja, karyawan, Departemen F&B, hotel
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Astrid Yunita Atapary, 071310213066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:18
Last Modified: 18 Jun 2017 17:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39982
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item