HYGIENE & SANITASI (Studi Deskriptif tentang penerapan Hygiene & Sanitasi di Area Kitchen/Dapur Cafe Demandailing Surabaya)

Pebrian Ramadhani, 071310213041 (2016) HYGIENE & SANITASI (Studi Deskriptif tentang penerapan Hygiene & Sanitasi di Area Kitchen/Dapur Cafe Demandailing Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
294. 39985.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dapur Cafe Demandailing Surabaya merupakan salah satu bagian Cafe yang tugas utamanya adalah mengolah makanan. Kesehatan dan kebersihan dapur adalah merupakan kunci keberhasilan dari seluruh tugas dalam melaksanakan bidang Food Production and Preparation. Karena pentingnya penerapan Hygiene dan Sanitasi pada Cafe Demandailing Surabaya dan di latar belakangi oleh hal-hal tersebut di atas, maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Hygiene & Sanitasi di Area Kitchen / Dapur Cafe Demandailing Surabaya”. Adapun tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari sejauh mana penerapan Hygiene dan Sanitasi serta kendala-kendala yang dihadapi. Data yang dipergunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan tipe pendekatan secara kualitatif, yang data-data nya berupa kata-kata, gambar, dan bukan menggunakan angka-angka dan juga menjelaskan tentang teori hygiene, sanitasi, dan kitchen, berguna untuk menjawab permasalahan mengenai tanggung jawab karyawan dapur terhadap kebersihan dan kesehatan pengolahan makanan. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis di Food & Baverage Departement pada bagian Dapur Demandailing Cafe Surabaya, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan Hygiene dan Sanitasi adalah hygiene dan sanitasi lingkungan kerja dapur meliputi setiap jenis peralatan ada langkahlangkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan pencucian, pembuangan sampah yang dilakukan setiap hari pada saat tutup Cafe dan keadaan dapur yang meliputi dinding dapur yang sudah kotor, langit-langit, dan lantai dapur yang juga terlihat kotor, dan jendela ventilasinya baik alam maupun buatan, penerangan dapur, sarana cuci dapur, pemberantasan lalat, tikus dan serangga. Hygiene dan sanitasi untuk karyawan dapur yang perlu diperhatikan meliputi kebersihan dan kesehatan tubuh dan juga hygiene dan sanitasi peralatan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh Demandailing Cafe Surabaya dengan mengupayakan suatu perhatan hygiene dan sanitasi Cafe berdasarkan Standarisasi yang telah diterapkan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas operasional dapur pada umumnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.32/16 Ram h
Uncontrolled Keywords: Hygiene & Sanitasi; Kitchen/Dapur; Cafe Demandailing Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Pebrian Ramadhani, 071310213041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie Reindrawati, S.Sos, MMUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:07
Last Modified: 18 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item