HUBUNGAN INDUSTRIAL Studi Deskriptif Tentang Penetapan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Bagi Staff di Bagian Front Office Luminor Hotel Jemursari Surabaya Sebagai Upaya HRD Mewujudkan Hubungan Industrial Yang Harmonis

ANGGI BUDI OCTAVIANTI, 071310213082 (2016) HUBUNGAN INDUSTRIAL Studi Deskriptif Tentang Penetapan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Bagi Staff di Bagian Front Office Luminor Hotel Jemursari Surabaya Sebagai Upaya HRD Mewujudkan Hubungan Industrial Yang Harmonis. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9 ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.PW.33-16 Oct h.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri perhotelan saat ini telah berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi aktivitasnya. Luminor Hotel beroperasi selama 24 jam seperti halnya hotel-hotel lainnya. Namun, dalam penerapannya tentu setiap hotel memberlakukan jam kerja khusus bagi setiap karyawannya agar kebutuhan sosial seperti berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat masih tetap terpenuhi disela waktu kerja yang telah ditentukan ditempat kerja. Waktu kerja harus diatur dengan baik karena berpengaruh terhadap performa para pekerja khususnya dibagian Front Office Departement yang memiliki waktu kerja operasional selama 24 jam. Front office memiliki peranan penting di dalam operasional hotel, yakni sebagai gerbang utama penerimaan tamu karena front office memiliki the first and the last impression of the guest yang berarti front office sebagai penentu apakah pelayanan dari front office departemen ini meninggalkan kesan baik atau kesan yang mengecewakan bagi tamu, dimulai dari tamu datang sampai tamu meninggalkan hotel. Jadi, sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan tercipta di bagian front office. Yang menjadi obyek utama penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja dibagian Front Office Departement di Luminor Hotel Jemursari Surabaya dan telah menerapkan sistem waktu kerja dan waktu istirahat sesuai dengan kebijakan didalam hotel. Namun, dalam penerapannya ditemukan permasalahan yang mengakibatkan performa para pekerja menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penetapan waktu kerja dan waktu istirahat bagi staff dibagian Front Office Departement di Luminor Hotel Jemursari Surabaya. Penulis membuat Tugas Akhir yang berjudul Hubungan Industrial dengan studi deskriptif Tentang Penetapan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Bagi Staff di Bagian Front Office Luminor Hotel Jemursari Surabaya Sebagai Upaya HRD mewujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis. Metode penelitian dalam pembuatan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau narasumber dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya permasalahan dari penerapan waktu kerja yang menggunakan sistem shift kerja serta berlaku sistem jumping sehingga membuat performa pekerja menurun. Seharusnya pihak manajemen mempertimbangkan kembali adanya sistem jam kerja jumping agar performa pekerja Luminor Hotel tidak menurun dan dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang diharapkan. Namun. Dalam Penetapan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat dibagian Front Office Departement di Luminor Hotel Jemursari Surabaya tidak melanggar dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia tentang ketenagakerjaan, peraturan perusahaan yang telah dibuat dan dari hasil pertimbangan-pertimbangan yang telah dievaluasi sebagai upaya HRD mewujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.33/16 Oct h
Uncontrolled Keywords: Front Office; Luminor Hotel; HRD; Hubungan Industrial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
ANGGI BUDI OCTAVIANTI, 071310213082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:13
Last Modified: 29 Jul 2016 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39986
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item