EFISIENSI PENANGANAN TATA LETAK PETIKEMAS “Studi Deskriptif Tentang Penanganan Tata Letak Petikemas di PT. Terminal Petikemas Surabaya”

FRISKA ASTRILIANA, 071310213069 (2016) EFISIENSI PENANGANAN TATA LETAK PETIKEMAS “Studi Deskriptif Tentang Penanganan Tata Letak Petikemas di PT. Terminal Petikemas Surabaya”. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
295. 39987-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cargo adalah semua barang yang dikirim melalui udara (pesawat terbang), laut (kapal), atau darat (truk container) untuk diperdagangkan baik antar wilayah atau kota di dalam negeri maupun antar negara (internasional) yang dikenal dengan istilah ekspor – impor. Impor ekspor barang dengan menggunakan alat pengemas freight container ternyata semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berhubungan dengan hal itu, maka Maskapai Pelayaran di Indonesia mulai memikirkan tentang kapal – kapal container. Ekspor impor merupakan suatu kegiatan pengiriman yang dilakukan baik dari maupun ke luar negeri. Dalam pengiriman menggunakan cargo, tentulah menggunakan petikemas (container) sebagai alat pengirimannya karena di dalam cargo tentunya barang tersebut dalam ukuran banyak. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah penelitian yang bertipe deskriptif yang maksudnya yakni merupakan pengumpulan data yang berupa kalimat dan juga terdapat foto sebagai tanda bukti atau memperkuat hasil penelitian tersebut. Di dalamnya juga terdapat data wawancara, catatan lapanagn dan juga foto. Adapun analisa data kualitatif dipilih karena data kualitatif menghasilkan uraian dan kutipan yang terdapat banyak informasi yang dapat memberikan pengertian kepada para pembaca. Pengumpulan data dengan metode metode kualitatif ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan penggunaan bahan dokumen. Adapun bebrapa informan yang terlibat di dalam tulisan ini yakni karyawan beserta konsumen yang terdapat di PT. Terminal Petikemas Surabaya yang dapat memberikan penjelasan mengenai penjelasan penanganan tata letak petikemas di PT. Terminal Petikemas Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanganan tata letak petikemas yakni di perusahaan PT. Terminal Petikemas Surabaya menggunakan sistem dan pengelompokan dalam penanganan tata letak petikemas. Dalam sistem dan pengelompokan tersebut maka sistem akan mendapatkan penanganan tata letak petikemas baik di lapangan penumpukan maupun di kapal jadi tertata dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.34/16 Ast e
Uncontrolled Keywords: Petikemas; PT. Terminal Petikemas Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
FRISKA ASTRILIANA, 071310213069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:17
Last Modified: 18 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item