“PERTUNJUKAN LUDRUK DI THR SURABAYA” ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengemas Cerita Pertunjukan Ludruk Oleh Grup Irama Budaya )

An-nisa Aulia Adriani, 071310213039 (2016) “PERTUNJUKAN LUDRUK DI THR SURABAYA” ( Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengemas Cerita Pertunjukan Ludruk Oleh Grup Irama Budaya ). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.PW.36-16 Adr p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ludruk merupakan salah satu keanekaragaman kesenian budaya dari Jawa Timur yang merupakan salah satu penunjang kepariwisataan di Indonesia. Ludruk merupakan kesenian drama yang berisikan cerita lawakan yang pada umumnya menceritakan kehidupan sehari-hari atau sejarah. Salah satu ludruk yang ada di kota Surabaya adalah ludruk Irama Budaya yang sering mengadakan pertunjukan di Taman Hiburan Rakyat Surabaya. Namun setiap pertunjukan ludruk, cerita yang ditampilkan monoton seperti itu membuat berkurangnya daya tarik pengunjung terhadap kesenian ludruk. Dengan adanya upaya mengemas cerita pertunjukan ludruk untuk membuat cerita yang menarik akan menambah daya tarik penonton pertunjukan ludruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana grup ludruk Irama Budaya Surabaya dalam mengemas cerita pertunjukan ludruk di THR Surabaya yang lebih menarik dan tidak monoton yang dapat dijadikan suatu daya tarik penonton serta untuk melestarikan keanekaragaman kesenian ludruk di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam “Pertunjukan Cerita Ludruk di THR Surabaya” adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi dengan mengamati langsung pertunjukan ludruk Irama Budaya di Taman Hiburan Rakyat Surabaya. Pemilihan tema cerita yang menarik, dan adanya unsur humor dan unsur edukasi pada cerita pertunjukan yang lebih menarik merupakan upaya-upaya yang dilakukan grup Irama Budaya Surabaya dalam mengemas cerita pertunjukan ludruk di THR Surabaya untuk meningkatkan daya tarik penonton

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.36/16 Adr p
Uncontrolled Keywords: Mengemas, Cerita, ludruk
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
An-nisa Aulia Adriani, 071310213039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fiatiano, S. Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 06:26
Last Modified: 29 Jul 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item