PENYELENGGARAAN EVENT (Studi Deskriptif Tentang Bentuk Kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan JTV sebagai Media Partner dalam Event Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur)

RAZKYA DYAH NOVIANI, 071310213091 (2016) PENYELENGGARAAN EVENT (Studi Deskriptif Tentang Bentuk Kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan JTV sebagai Media Partner dalam Event Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK .pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
305. 40000.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur adalah salah satu event pariwisata yang sangat dinanti oleh seluruh masyarakat Jawa Timur. Karena itu penyelenggara event yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan stasiun televisi JTV (Jawa Pos Media Televisi) sebagai media partner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kerjasama yang dilakukan antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan JTV sebagai media partner dalam Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur. Selain itu juga untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi saat kerjasama ini berlangsung. Dalam penyusunan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Artinya metode penelitian ini menghasilkan data – data yang berupa kata-kata, gambar dan buka angka. Metode ini juga menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmiah. Tidak hanya itu penulis juga melakukan wawancara. Informan yang dipilih adalah Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Account Executive serta Head Marketing Communication dari JTV untuk memberikan penjelasan terkait bentuk kerjasama yang dilakukan dan kendala yang terjadi. Adapun dalam penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan JTV adalah bentuk kerjasama kontrak kerja. Yang dimaksud kontrak kerja adalah adanya perjanjian tertulis tentang hak dan kewajiban kerjasama dimana penyelenggara sebagai pihak pertama membeli jam tayang JTV selaku pihak kedua dengan konsep semi blocking time berdurasi 2 jam dengan penayangan secara live. Adapun kendala yang dihadapi dalam kerjasama adalah kendala teknis kurangnya koordinasi dengan pihak lain saat penayangan secara live. Selain untuk publikasi dan promosi acara juga bertujuan untuk mengakomodir masyarakat seluruh Jawa Timur yang tidak bisa menonton langsung sehingga dapat menonton dan mendukung idolanya di layar televisi

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.43/16 Nov p
Uncontrolled Keywords: event, pariwisata, , media partner, Duta Wisata Raka Raki
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
RAZKYA DYAH NOVIANI, 071310213091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:04
Last Modified: 03 Jul 2017 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40000
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item