TEKNIK PEMBENIHAN UDANG GALAH ( Macrobrancium rosenbergii) YANG RESISTEN TERHADAP BAKTERI Vibrio DI BALAI PENELITIAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT

FATMA PRAMESTIA, 141211131208 (2015) TEKNIK PEMBENIHAN UDANG GALAH ( Macrobrancium rosenbergii) YANG RESISTEN TERHADAP BAKTERI Vibrio DI BALAI PENELITIAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT. Fakultas Perikanan Dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. PKL PK BP 116-16 Pra t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang galah (Microbracium rosenbergii) merupakan satu komoditas unggulan dalam dunia perikanan Indonesia terutama perikanan air tawar, dan Permasalahan yang dapat menghambat upaya peningkatan produksi benih udang tersebut, antara lain kegagalan produksi akibat serangan penyakit pada benih udang yang bersifat patogenik baik dari golongan parasit, jamur, bakteri dan virus. Timbulnya serangan wabah penyakit tersebut pada dasarnya sebagai akibat terjadinya gangguan keseimbangan dan interaksi antara udang. Lingkungan yang tidak menguntungkan ikan dan berkembangnya pathogen penyebab penyakit oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi untuk mengetahui bakteri yang terdapat pada benih udang. Udang galah merupakan komoditas yang memerlukan media air payau pada masa stadia larva dan air tawar pada stadia dewasa. Oleh karena itu, telah banyak diinformasikan bahwa pada saat stadia larva sering didapat kasus infeksi penyakit vibriosis yang disebabkan oleh bakteri Vibrio spp. Penyakit bakterial yang disebabkan oleh bakteri dari genus Vibrio sering kali menjadi faktor pembatas dalam proses budidaya. Bakteri Vibrio sp. bersifat ubiquitous dan salah satu komponen yang banyak terdapat dalam lingkungan budidaya udang. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknik pembenihan udan galah yang resisten terhadap bakteri Vibriodengan serta hambatan atau permasalahan yang ada.Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Balai Penelitian dan Pemuliaan Ikan Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada tanggal 12 Januari – 13 Februari 2015. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP.116/16 Pra t
Uncontrolled Keywords: Udang Galah ( Macrobrancium Rosenbergii); Bakteri Vibrio
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
FATMA PRAMESTIA, 141211131208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRAHAYU KUSDARWATI, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:34
Last Modified: 29 Jul 2016 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item