TEKNIK IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU BEBEK(Cromileptes altivelis) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU SITUBONDO

ROMADHONY KUSUMA PUTRA, 141211133025 (2015) TEKNIK IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU BEBEK(Cromileptes altivelis) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU SITUBONDO. Fakultas Perikanan Dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. PKL PK BP 117-16 Put t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cromileptes altivelis merupakan komoditas perdagangan internasional yang harganya mahal dan permintaannya tinggi. Langkah budidaya dilakukan guna untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Pembesaran dapat di lakukan di karamba atau di kolam budidaya. Selama mengembangkan bisnis budidaya Cromileptes altivelis, ada banyak masalah yang mengganggu dan menghambat bisnis itu sendiri. Salah satu dari banyak masalah adalah parasit. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau Jalan Raya Pecaron, Panarukan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, Pada Tanggal 12 Januari 2015 hingga 20 Februari 2015. Tujuan praktek kerja lapang ini adalah memahami dan melaksanakan secara langsung teknik identifikasi parasit yang menyerang Cromileptes altivelis di Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo. Praktek Kerja Lapang ini menggunakan metode deskriptif. Teknik yang dilakukan dalam pengamatan ektoparasit parasit adalah metode natif, yaitu mengambil lendir dari permukaan tubuh ikan kerapu bebek (Cromileptes altivelis) yang selanjutnya dilakukan pengamatan dibawah mikroskop. Teknik pewarnaan metode Semichen-Acetic Carmine juga dilakukan guna membantu hasil identifikasi morfologi. Pada hasil Praktek Kerja Lapang menunjukan bahwa ditemukan Parasit Benedenia epinepheliyang menyerang Cromileptes altivelis pada Karamba Jaring Apung.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP.117/16 Put t
Uncontrolled Keywords: Ektoparasit; Ikan Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ROMADHONY KUSUMA PUTRA, 141211133025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRAHAYU KUSDARWATI, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:44
Last Modified: 29 Jul 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item