Pengaruh Pemberian Topikal Ekstrak Kulit Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var) terhadap Penyembuhan Luka Bakar Tikus Putih (Rattus novergicus) strain Wistar

ARY ANDINI, NIM011314153014 (2016) Pengaruh Pemberian Topikal Ekstrak Kulit Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var) terhadap Penyembuhan Luka Bakar Tikus Putih (Rattus novergicus) strain Wistar. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
307. 40006-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Penyembuhan luka bakar derajat IIb membutuhkan waktu yang relatif lebih lama disertai dengan terbentuknya parut hipertrofik. Pemberian topikal ekstrak kulit ikan lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var) yang mengandung asam amino penyusun kolagen diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar IIb. Kolagen adalah salah satu komponen utama penyembuhan luka pada kulit. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian topikal ekstrak kulit ikan lele Sangkuriang terhadap kadar MDA serum, jumlah makrofag, fibroblas, presentase luas kolagen pada luka bakar derajat IIb. Metode: Ekstrak kulit ikan lele Sangkuriang diperoleh dengan ekstraksi menggunakan HCL 2% selama 48 jam dan dinetralisasi dengan menggunakan NaOH 1 M. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post test only control group design. Hewan coba yang digunakan adalah 28 ekor tikus putih (Rattus novergicus) strain Wistar jantan dibagi menjadi kelompok K3, P3, K10 dan P10. Pada semua hewan coba dikenai luka bakar derajat IIb di punggung, selanjutnya kelompok K3 dan K10 diberi perlakuan aquades secara topikal sehari 2 kali pada area luka bakar, sedangkan kelompok P3 dan P10 diberi perlakuan ekstrak kulit ikan lele Sangkuriang secara topikal sehari 2 kali. Diakhir penelitian dilakukan pemeriksaan MDA serum, jumlah makrofag, jumlah fibroblast dan prosentase luas kolagen. Hasil penelitian: perawatan topikal ekstrak kulit ikan lele Sangkuriang pada kelompok perlakuan (P3 dan P10) memiliki kadar MDA serum lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol (K3 dan K10) namun tidak signifikan, penurunan jumlah makrofag secara signifikan pada P10 namun tidak signifikan pada P3, peningkatkan jumlah fibroblas dan prosentase luas kolagen secara signifikan pada P10 namun tidak signifikan pada P3. Kesimpulan: Pemberian ekstrak topikal kulit ikan lele Sangkuriang pada luka bakar derajat IIb menghasilkan penurunan jumlah makrofag, peningkatan jumlah fibroblas dan prosentase luas kolagen pada hari ke-10 sehingga mempercepat kesembuhan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD.12/16 And p
Uncontrolled Keywords: Lele Sangkuriang, Kolagen, Makrofag, Fibroblas, Penyembuhan Luka Bakar.
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
ARY ANDINI, NIM011314153014NIM011314153014
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Handajani, dr., MS., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorSoetjipto, Prof., dr., MS., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:15
Last Modified: 09 Jul 2017 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40006
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item