PENILAIAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PASIEN POLI UMUM TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RS AISYIYAH BOJONEGORO

NURUL HIDAYANTI, 101211131036 (2016) PENILAIAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PASIEN POLI UMUM TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RS AISYIYAH BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.133-16 Hid p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pasien. Pasien yang merasa puas dengan mutu pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit akan menentukan perilaku mereka selanjutnya dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan. Rendahnya mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit akan berdampak pada jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian mutu pelayanan kesehatan pasien poli umum terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional kepada 97 responden. Pada penelitian ini digunakan teknik sampling berupa probability sampling, dimana metode yang digunakan adalah systematic random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan kesehatan yang terdiri dari dimensi aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah dan kebijakan. Sedangkan variabel terikat adalah loyalitas pasien (trust, psychological/emotional commitment, switching cost, word of mouth dan cooperation). Hasil uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi reliabilitas (p= 0,000;OR=0,053 ) dan kebijakan (p= 0,008;OR=0,166). Kesimpulan dari penelitian adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pimpinan RS Aisyiyah supaya memperbaiki mutu pelayanan untuk meningkatkan loyalitas pasien di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.133/16 Hid p
Uncontrolled Keywords: loyalitas pasien, mutu pelayanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURUL HIDAYANTI, 101211131036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:12
Last Modified: 03 Aug 2016 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item