ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN TEORI DAVID GARVIN DI UNIT RAWAT INAP RSUD PLOSO KABUPATEN JOMBANG

DHEKA INDIRA AYU PRATIWI, 101211133065 (2016) ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN TEORI DAVID GARVIN DI UNIT RAWAT INAP RSUD PLOSO KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
329. 40030-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
330. 40030-abstrak-ilovepdf-compressed.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam suatu organisasi memiliki posisi yang sangat penting. Keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh kualitas orang-orang yang bekerja di dalamnya. Begitu pula dalam bidang kesehatan, sebuah Rumah Sakit juga membutuhkan SDM yang berkompeten untuk menghasilkan sebuah pelayanan yang berkualitas yang diberikan kepada pasien. RSUD Ploso merupakan Rumah Sakit tipe D yang baru berubah statusnya dari Puskesmas Ploso pada tahun 2013. Berdasarkan data kunjungan rawat inap diambil dari tiga tahun terakhir masih dibawah standart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi SDM terhadap kualitas pelayanan di unit rawat inap RSUD Ploso. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif karena bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel yang diteliti dengan menggunakan uji statistik. Sedangkan dari segi waktu, maka penelitian ini bersifat Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Ploso dengan jumlah sampel sebesar 72 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian dari penilaian pasien kompetensi SDM serta kualitas pelayanan di unit rawat inap RSUD Ploso mayoritas sudah baik. Menurut uji statistik, kompetensi SDM berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dengan nilai signifikan p<0,05 (p=0,000). Sedangkan aspek kompetensi SDM yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan berdasarkan penelitian adalah trait dan self-concept. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Ploso, disarankan rutin melakukan pelatihan-pelatihan yang dapat mengembangan kompetensi soft skill ataupun hard skill para SDM di RSUD Ploso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.138/16 Pra a
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Konsep Diri, Kualitas Pelayanan, Sumber Daya Manusia,Watak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DHEKA INDIRA AYU PRATIWI, 101211133065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:46
Last Modified: 01 Aug 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item