ANALISIS PENCAPAIAN SIGMA PADA KUALITAS PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN METODE SIX SIGMA (Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya)

PUTRI AYU ANGGRAENY, 101211133046 (2016) ANALISIS PENCAPAIAN SIGMA PADA KUALITAS PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN METODE SIX SIGMA (Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
339. 40039-abstrak-ilovepdf-compressed.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Islam Surabaya (RSIS) merupakan salah satu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan menjadi FKRTL. Sejak diberlakukannya pada 1 Januari 2014, Jumlah kunjungan meningkat sebesar 13.697 kunjungan. Tahun 2014 ke 2015 juga menunjukkan peningkatan jumlah kunjungan sebesar 123% atau sebesar 34.881 kunjungan. Peningkatan kunjungan merupakan pencapaian yang menggambarkan salah satu kinerja instalasi rawat jalan. Kinerja yang baik akan memberikan dampak pada kualitas pelayanan namun waktu tunggu yang lama menggambarkan adanya penurunan pada kualitas pelayanan.. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Islam Surabaya dengan metode six sigma. Penelitian ini merupakan penilitian observasional deskriptif dalam pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada 72 sampel secara random sampling di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Islam Surabaya. Penelitian ini mengidentifikasi tingkat kepuasan dan kepentingan kualitas pelayanan menurut lima dimensi yaitu tangible, reliability,responsiveness, assurance dan empathy. Kemudian menentukan atribut prioritas perbaikan yang dikategorikan sebagai Critical To Quality (CTQ). CTQ lalu diidentifikasi besarnya nilai Defect Per Million Opportunity (DPMO) yang jika dikonversikan pada nilai sigma akan menggambarkan kondisi pencapaian sigma di instlasi rawat jalan. Prioritas CTQ lalu akan dilakukan analisis akar penyebab untuk memberikan rancangan usulan rekomendasi peningkatan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan dari total 40 atribut penilaian 13 diantaranya dikategorikan sebagai CTQ dengan pencpaian nilai DPMO sebesar 8.579,88 atau pencapaian sigma yaitu pada nilai sigma 3,89. Prioritas CTQ yaitu atribut dengan nila DPMO tertinggi yaitu kecepatan proses pelayanan yang diberikan. Penyebabnya terdiri dari beberapa faktor antara lain alih fungsi ruangan karena adanya pembangunan gedung baru. Penelitian ini juga memberikan usulan rekomendasi sebagai solusi atas penyebab masalah tersebut. Pencapaian kualitas pelayanan di instalasi rawat jalan RSIS saat ini belum dapat dikatakan baik karena pencapaian nilai sigma belum mencapai six sigma. Perlu dilakukan peningkatan kualitas agar dapat mencapai six sigma atau kemungkinan ketidakpuasan dalam satu juta proses pelayanan hanya sebesar 3,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.146/16 Ang a
Uncontrolled Keywords: CTQ, DPMO, Instalasi Rawat Jalan, Kualitas Pelayanan, Sigma
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI AYU ANGGRAENY, 101211133046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:41
Last Modified: 02 Aug 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40039
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item