ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN ETOS KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA DI PT.SEKAR LAUT, Tbk (Studi Pada Pekerja Wanita Bagian Pemilahan Kerupuk)

KURNIA WAHYU UTAMI, 101311123094 (2016) ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN ETOS KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA DI PT.SEKAR LAUT, Tbk (Studi Pada Pekerja Wanita Bagian Pemilahan Kerupuk). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
354. 40055-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
355. 40055-abstrak-ilovepdf-compressed.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja merupakan pelaku utama kegitan produksi. Pekerja dapat dikatakan produktif apabila telah menunjukkan output yang telah sesuai standar perusahaan. Terdapat beberapa faktor psikologis yang dapat mempengaruhi hasil produktivitas kerja seperti motivasi kerja dan etos kerja. Kegiatan repetitif yang membutuhkan ketelitian, kecermatan dan ketekunan dalam bekerja bisa menimbulkan rasa monoton, kebosanan dan kelelahan yang berdampak pada hasil produktivitas kerjanya. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis hubungan motivasi kerja dan etos kerja dengan produktivitas kerja (pada pekerja wanita bagian pemilahan kerupuk) di PT.Sekar Laut Tbk. Jenis penelitian observasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan total populasi di bagian pemilahan sebanyak 30 orang pekerja. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pekerja, motivasi kerja, etos kerja dan produktivitas kerja. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabulasi silang (crosstab) serta dianalisis menggunakan contingency coefficient. Berdasarkan data yang diperoleh 43,3% responden berusia 36-40 tahun dan tingkat pendidikan tertinggi adalah tamat SMP. Seluruh responden memiliki masa kerja ≥ 10 tahun. Terdapat 80% responden mempunyai kebutuhan pencapaian serta 56,7% responden memiliki tingkat motivasi kerja yang tinggi. Sebanyak 73,3% responden mempunyai komitmen serta disiplin membuktikan etos kerja yang tinggi. Sehingga 83,3% responden yang memiliki rasa tanggung jawab dan kepuasan dalam bekerja, menghasilkan produktivitas kerja sesuai standar perusahaan. Hasil uji contingency coefficient menunjukkan ada hubungan yang kuat antara motivasi kerja (0,645) dan etos kerja (0,664) dengan produktivitas kerja. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa motivasi kerja dan etos kerja yang tinggi memiliki hubungan cukup kuat dengan arah hubungan positif pada pencapaian hasil produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.158/16 Uta a
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja, Etos kerja, Produktivitas kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
KURNIA WAHYU UTAMI, 101311123094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndriati Paskarini, S.H., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:48
Last Modified: 02 Aug 2017 16:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40055
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item