PERILAKU MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA MAHASISWA ASRAMA UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR

DWI PANDRYA DHANESWARA, 101211131012 (2016) PERILAKU MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA MAHASISWA ASRAMA UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
360. 40061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsumsi sayur dan buah di Indonesia masih rendah. Remaja merupakan kelompok usia yang paling rentan dalam hal konsumsi sayur dan buah. Kebiasaan makan semasa remaja akan memberikan dampak pada kesehatan dalam masa depannya. Mahasiswa merupakan kelompok usia transisi dari masa remaja akhir menjadi dewasa awal. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perilaku makan sayur dan buah pada mahasiswa asrama berdasarkan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan sampel berjumlah 79 orang. Pengambilan sampel menggunkan metode simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, uang saku, pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku, niat dan perilaku makan sayur dan buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki hubungan dengan sikap terhadap perilaku (p= 0,014). Variabel yang memiliki pengaruh terhadap niat makan sayur dan buah adalah jenis kelamin (p= 0,043) dan sikap terhadap perilaku (p= 0,001). Variabel sikap terhadap perilaku (B= 16,785) memberikan kontribusi yang lebih besar dibanding jenis kelamin (B= 3,014) terhadap niat makan sayur dan buah. Variabel yang berpengaruh terhadap perilaku adalah niat untuk makan sayur dan buah (p=0,009). Niat sendiri memiliki nilai Exp B sebesar 3,958 terhadap perilaku makan sayur dan buah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan memiliki hubungan terhadap sikap. Jenis kelamin dan sikap berpengaruh terhadap niat makan sayur dan buah, sedangkan uang saku, pengetahuan, norma subyektif, dan kontrol perilaku tidak berpengaruh. Niat berpengaruh terhadap perilaku makan sayur dan buah sedangkan jenis kelamin, uang saku, pengetahuan, sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku tidak berpengaruh terhadap perilaku makan sayur dan buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.164/16 Dha p
Uncontrolled Keywords: Theory of Planned Behavior, perilaku makan, sayur dan buah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DWI PANDRYA DHANESWARA, 101211131012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Widati, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:17
Last Modified: 09 Jul 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item