ANALISIS KETIDAKLENGKAPAN PENGISIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR

ALVINA REVITASARI, 101211133084 (2016) ANALISIS KETIDAKLENGKAPAN PENGISIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
361. 40062-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
362. 40062-abstrak-ilovepdf-compressed.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelengkapan pengisian dokumen rekam medis menjadi hal yang penting karena menggambarkan praktik pelayanan yang bermutu.Rumah Sakit Mata Masyarakat (RSMM) masih memiliki masalah terkait kelengkapan pengisian dokumen rekam medis. Angka ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat jalan mencapai angka 87,67%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam rawat jalan medis berdasarkan karakteristik pekerjaan dan motivasi di RSMM.Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif dan dilakukan secara cross sectional selama bulan Mei 2016 melalui metode pemberian kuesioner dan observasi dokumen rekam medis rawat jalan untuk menilai kinerja petugas. Responden penlitian ini adalah petugas yang bertanggungjawab dalam pengisian dokumen rekam medis yaitu 5 orang doker, 5 orang refraksionis opstesien, dan 6 orang perawat. Hasil penlitian menunjukkan bahwa pengisian dokumen rekam medis rawat jalan di RSMM masih rendah.Hal ini dimungkinkan karena motivasi petugas yang tergolong rendah.Karakterstik pekerjaan petugas tidak mengakibatkan kinerja petugas berupa pengisian dokumen rekam medis menjadi rendah. Saran yang diberikan kepada penelitian selanjutnya ialah pengembangan pengukuran variabel agar mendapatkan hasil yang maksimal.Saran yang diberikan untuk rumah sakit ialah pendekatan secara personal untuk mengetahui hal yang dapat meningkatkan motivasi petugas dan melakukan pengawasan terhadap kinerja yang dilakukan oleh petugas yang bertanggungjawab dalam pengisian dokumen rekam medis rawat jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.165/16 Rev a
Uncontrolled Keywords: Karakteristik pekerjaan, ketidaklengkapan dokumen rekam medis, motivasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ALVINA REVITASARI, 101211133084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:22
Last Modified: 02 Aug 2017 16:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item